Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mars Reel

Siapa Bilang Mereka Sudah Pergi?

Gaya Hidup | Sunday, 09 Jan 2022, 15:35 WIB

Kita ketahui pendemi Covid 19 sudah hampir dua tahun ini menjadi masalah serius yang melanda dunia tidak luput juga di Indonesia. Pendemi Covid 19 ini sangat mempengaruhi dari segala bentuk kegiatan masyarakat, contohnya dalam berkomunikasi, berkerja, hinggap bersosial. Di Indonesia sendiri kasus Covid 19 sudah terkonfirmasi terdapat 4.265.187 kasus menurut World Health Organization (WHO).

Menurut Wiku Adisasmito selaku juru bicara Covid 19 pemerintah dalam menanggulangi pendemi Covid 19 di Indonsia sudah melakukan beberapa upaya pencegahan. Pertama, deteksi dini kasus Covid 19 yang dapat dilakukan masyarakat berdasarkan inisiatif atau pemerintah yang terus menggalakan survei kasus. Kedua, Upaya manajemen klinis yang bisa dilakukan oleh penyedia layanan Kesehatan. Ketiga, meningkatkan kapasitas pelayanan Kesehatan yang dapat dilakukan dilakukan oleh penyedia dengan mengkonversikan pelayanan Kesehatan umum menjadi pelayanan darurat Covid 19 sesuai kebutuhan. Keempat, meningkatkan upaya pendayagunaan tenaga kesehatan yang kompeten dan terpoteksi dengan baik. Kelima,peningkatan aksesibilitas terhadap alat kesehatan dan obat obatan melalui pemerintah. Untuk menjamin bahwa setiap masyarakat mendapat akses obat yang terjangkau serta mendapat fasilitas pendukung sesuai tingkatan penyakitnya yaitu tanpa gejala, gejala sedang, ringan atau kritis. Keenam, upaya vaksinasi yang dapat dilakukan pemerintah menyusun, susunan prioritas vaksinasi berdasarkan analisis risiko yang cermat dan presisi.

Upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah tersebut membuahkan hasil positif dengan menurunnya angka kasus Covid 19 yang ada di Indonesia. Penurunan kasus Covid 19 ini sangat terasa dengan melenggangnya kegiatan masyarakat yand tadinya sangat dibatasi. Akan tetapi menurunnya kasus Covid 19 ini tidak boleh membiarkan kita lengah dalam menjalan protokol Kesehatan. Karena adanya varian baru yaitu Omicron. Hingga saat ini varian Omicron ini sudah terdeteksi di beberapa negara bahkan di Indonesia. Dengan adanya varian baru ini tentu kita sebagai masyarakat perlu meningkatkan kewasdapaan dengan menjaga protokol Kesehatan, menjaga jarak, dan melakukan vaksinasi Covid 19.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image