Ahad 09 Jan 2022 16:20 WIB

Agar Harta Menjadi Berkah

- Rasulullah ﷺ telah memberi teladan bagaimana harta yang dimiliki menjadi berkah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Harta
Foto: Pixabay
Ilustrasi Harta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah ﷺ telah memberi teladan bagaimana menjadikan harta yang dimiliki menjadi berkah.  Rasulullah ﷺ mengisi hari-harinya dengan bersedekah, bahkan sedekahnya semakin banyak ketika bulan suci Ramadhan.

Bahkan Rasulullah bersedekah bukan saja terhadap orang-orang yang telah memeluk Islam, dalam sejumlah riwayat dan juga kitab-kitab siroh disebutkan bahwa Rasulullah mempunyai kebiasaan bersedekah pada seorang buta yang begitu membenci Rasul. Orang buta itu setiap hari selalu mencaci maki Rasul tanpa mengetahui seperti apa sosok rasul itu.

Baca Juga

Sedang setiap harinya Rasulullah mendatangi orang buta itu, lalu rasul menyuapi orang buta itu dengan tangannya sendiri. Sementara orang buta itu tidak mengetahui bahwa sosok yang selalu bersedekah menyuapinya makan tiap hari adalah Rasulullah. Orang buta itu baru mengetahui semuanya ketika Rasulullah telah wafat. Hingga ia pun bertobat dan memeluk Islam.

Maka sebagai Muslim harus meneladani Rasulullah dengan menjadi dermawan, mengeluarkan harta untuk kemaslahatan di jalan Allah. Apalagi bagi yang memiliki kelebihan harta. Jangan sampai bakhil terhadap harta. Karena sifat bakhil itu akan membawa kebinasaan. Dan sejatinya setiap manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas hartanya. Maka celaka bagi orang-orang yang menghambur-hamburkan hartanya dalam kemaksiatan dan tidak mau bersedekah, berinfak, berzakat dan berwakaf. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement