Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Allegri Disanksi, Marco Landucci Dampingi Juventus ke Kandang AS Roma

Ahad 09 Jan 2022 06:26 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri.

Foto: Fabio Ferrari/LaPresse via AP
Allegri disanksi karena terlalu keras mencela wasit di Liga Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih Juventus Massimiliano Allegri dilarang mendampingi anak-anak asuhnya kala melawat ke markas AS Roma pada giornata ke-21 Serie A Liga Italia, Senin (10/1/2022) dini hari WIB. Allegri mesti menjalani sanksi larangan mendampingi I Bianconeri di satu laga. Skorsing ini dijatuhkan oleh hakim olahraga kepada Allegri lantaran pernyataan ofensifnya terhadap wasit Simone Sozza sesuai laga Juventus kontra Napoli, tengah pekan ini. 

Saat itu, eks pelatih AC Milan tersebut terlihat marah dan berteriak kepada Sozza. Allegri agaknya kecewa dengan berbagai keputusan Sozza sepanjang laga di Stadion Allianz, Turin. Pada laga itu, Nyonya Tua akhirnya harus puas berbagi angka setelah ditahan imbang tamunya tersebut, 1-1. 

Baca Juga

"Dengan sanksi yang dijatuhkan kepada Allegri, asisten pelatih Marco Landucci akan menggantikan Allegri di laga kontra Roma itu," tulis laporan Football Italia, Ahad (9/1/2022). 

Terkait sanksi ini, Allegri tidak mau banyak berkomentar. Pelatih asal Italia tersebut seolah tidak mau menambah polemik dalam putusan sanksi tersebut. 

"Hal itu sudah terjadi. Hal-hal seperti ini sudah pernah terjadi. Jadi, saya tidak perlu mengatakan hal lain lagi dan berkomentar lebih lanjut," kata Allegri. 

Selain sanksi kepada Allegri, hakim olahraga juga menjatuhkan sanksi berupa denda kepada Juventus sebesar 10 ribu euro. Pasalnya, fan Juventus kedapatan melakukan nyanyian dan yel-yel bernada ofensif kepada sejumlah penggemar Napoli yang hadir pada laga tersebut.

Kendati begitu, keputusan hakim olahraga ini mendapatkan sorotan lantaran perbedaan perlakuan dengan pelatih AS Roma, Jose Mourinho. Bahkan, mantan pelatih Manchester United itu secara terbuka melontarkan kritik pedas terhadap kepemimpinan wasit di laga Roma kontra Milan. Pada laga tersebut, Roma menyerah, 1-3, dari I Rossoneri. 

"Kurangnya kualitas begitu terlihat dalam kepemimpinan wasit dan VAR. Kami ingin konsistensi dalam keputusan wasit. Wasit di laga malam ini sama sekali tidak punya karakter," kata Mourinho seusai laga tersebut. 

Banyak pihak menilai, komentar pedas Mourinho ini layak mendapatkan sanksi dari hakim olahraga. Namun, Mourinho terbukti bisa lolos dan tetap diperbolehkan mendampingi anak-anak asuhnya melawan Juventus.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA