Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Hasil Liga Spanyol: 10 Pemain Barcelona Gagal Menang di Markas Granada

Ahad 09 Jan 2022 02:28 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Penyerang Barcelona Luuk de Jong merayakan golnya ke gawang Granada dalam lanjutan La Liga Spanyol, Ahad (9/1/2022) dini hari WIB.

Penyerang Barcelona Luuk de Jong merayakan golnya ke gawang Granada dalam lanjutan La Liga Spanyol, Ahad (9/1/2022) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/MIGUEL ANGEL MOLINA
Barcelona ditahan Granada 1-1 setelah kebobolan gol jelang laga berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona gagal memetik kemenangan dalam pertandingan jornada ke-20 La Liga Spanyol. Barcelona yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-79, ditahan imbang 1-1 oleh Granada di Stadion Los Carmenes, Granada, Ahad (9/1/2022) dini hari WIB.

Unggul satu gol sejak menit ke-57, Blaugrana urung membawa pulang tiga poin setelah kebobolan pada menit ke-89. Barcelona tetap di posisi enam klasemen Liga Spanyol dengan nilai 32, sementara Granada di peringkat 12 dengan poin 24.

Baca Juga

Jalannya laga

Barcelona sempat merobek gawang tim tuan rumah pada menit kedelapan. De Jong sukses menanduk bola hasil umpan lambung Gavi dari lapangan tengah. Namun, gol ini dianulir wasit lantaran penyerang asal Belanda itu sudah berdiri dalam posisi offside saat menerima umpan Gavi.

Pada menit ke-17, De Jong kembali mendapatkan peluang. Kali ini, striker pinjaman dari Sevilla itu berhasil menyambar umpan lambung dari Ferran Jutgla dari sisi kanan pertahanan Granada. Kendati begitu, upaya De Jong memaksimalkan umpat Jutgla itu berujung kegagalan lantaran bola masih melambung di atas mistar gawang.

Blaugrana mencoba untuk terus membongkar pertahanan Granada, terutama dari penetrasi di sisi sayap, baik yang dilakukan oleh Jutgla ataupun Ousmane Dembele. Namun, penampilan disiplin para penggawa lini belakang Granada berhasil mematahkan serangan demi serangan Blaugrana.

Kendati unggul penguasaan bola mencapai 68 persen dan lebih sering melepaskan tembakan, enam tembakan pada sepanjang babak pertama, Barcelona masih belum bisa menemukan celah di lini belakang tim tuan rumah. Skor imbang, tanpa gol, akhirnya bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Barcelona mencoba mengubah gaya permainan. Para penggawa Blaugrana lebih banyak melepaskan umpan lambung yang langsung tertuju ke jantung pertahanan lawan.

Skema ini berbuah maksimal. Sebuah umpan lambung yang dilepaskan Daniel Alves berhasil ditanduk oleh De Jong pada menit ke-58.

Bola tandukan striker asal Belanda itu meluncur deras ke arah gawang tim tuan rumah tanpa bisa dihalau kiper. Ini menjadi gol kedua De Jong di dua laga terakhir di pentas La Liga. Gol ini pun membuat laga berjalan kian terbuka.

Granada mencoba untuk membalas lewat berbagai skema serangan balik. Namun, Barcelona masih mampu tampil solid.

Petaka buat tim tamu datang pada menit ke-79. Barcelona harus bermain dengan 10 orang lantaran kartu kuning kedua yang diterima oleh Gavi. 

Dengan bermodal keunggulan jumlah pemain, tim tuan rumah mencoba terus mengendalikan permainan dan menyamakan kedudukan. Memasuki menit akhir babak kedua, tepatnya menit ke-89, Granada berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan.

Berawal dari sepak pojok, Antonio Puertas menyambar bola yang bergerak liar di depan mulut gawang Blaugrana. Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen, tidak bisa berbuat banyak untuk menghalau bola sepakan Puertas, yang meluncur deras ke arah gawangnya. Laga di Stadion Los Carmenes itu akhirnya tuntas dengan skor 1-1.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA