Ahad 09 Jan 2022 00:30 WIB

34 Warga Tamansari Positif Covid-19, Ada Probable Omicron

Sebanyak 34 warga Tamansari, Jakarta Barat positif Covid-19 dan ada probable Omicron

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Covid 19 (ilustrasi). Sebanyak 34 warga Tamansari, Jakarta Barat positif Covid-19 dan ada probable Omicron.
Foto: Max Pixel
Covid 19 (ilustrasi). Sebanyak 34 warga Tamansari, Jakarta Barat positif Covid-19 dan ada probable Omicron.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 34 warga Tamansari, Jakarta Barat positif Covid-19 berdasarkan hasil tes antigen dan PCR. Dari 34 orang itu, 33 di antaranya sudah dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat untuk menjalani isolasi. Satu orang lainnya dibawa ke rumah sakit karena melahirkan.

"Jadi kalau digabung pasien pertama total 34. Akan tetapi ada satu orang lagi dirujuk di luar Wisma Atlet karena sedang hamil dan sudah melahirkan hari ini," kata Lurah krukut Tamansari, Ilham Nurkarin saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga

Nurkarin mengatakan temuan ini berawal dari salah satu warga yang melakukan tes PCR mandiri di rumah sakit di wilayah Taman Sari setelah tiba dari luar kota. Hasil tes PCR itu keluar tanggal 5 Januari dengan hasil positif. Karena hasil tes itu, petugas kesehatan melakukan penelusuran (tracing) di wilayah tempat pasien pertama tinggal.

Mereka yang kedapatan pernah kontak dengan pasien langsung menjalani tes usap. Hasilnya, sebanyak 34 warga dinyatakan positif Covid-19. Keluarga dari pasien pertama termasuk dalam 34 warga yang dinyatakan positif Covid-19 itu.

Nurkarin belum bisa memastikan apakah seluruh warganya itu terpapar Covid-19 varian Omicron. "Kalau yang pertama dipastikan positif Covid-19, cuma variannya masih probable Omicron. Rilis resminya dari Dinas Kesehatan," jelasnya.

Dia pun mengimbau warganya yang lain untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah demi memperkecil angka penyebaran Covid-19. Sebelumnya, sembilan warga Kalideres juga sempat terpapar Covid-19 beberapa hari lalu. Kesembilan orang itu merupakan pekerja di Bandara Soekarno-Hatta yang tinggal di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat).

Mereka dipastikan terpapar Covid-19 setelah mengikuti tes PCR di Puskesmas setempat. "Tes PCR sudah keluar hasilnya. Ada sembilan positif serta sebagian orang masih menunggu hasil," ungkap Kepala Satpol PP Kecamatan Kalideres, Selvi Rahmawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (3/1/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement