Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Peringati HAB ke-76, ASN UIN Ar-Raniry Donor 21 Kantong Darah

Sabtu 08 Jan 2022 19:13 WIB

Red: Irwan Kelana

Aparatur Sipil Negara (ASN) UIN Ar-Raniry melakukan aksi sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022.

Aparatur Sipil Negara (ASN) UIN Ar-Raniry melakukan aksi sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022.

Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Selain itu, ada penyerahan tanda kehormatan, dan santunan anak yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2022, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menggelar upacara pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan  Kegiatan tersebut berlangsung di Lingkungan Rektorat UIN Ar-Raniry Kopelma Darussalam Banda Aceh, Senin (3/2).

Wakil Rektor bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Syahbuddin Gade  MAg bertindak sebagai inspektur upacara HAB ke-76 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Dalam amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Syabuddin menyatakan bahwa sejak dibentuk pada tahun 1946 hingga saat ini Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Hal tersebut, kata menag,  dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Drs H Ibnu Sa’dan, M Pd di  sela kegiatan sosial donor darah mengatakan, seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry mengikuti upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati HAB ke 76 di Halaman Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry dan berlangsung dengan khidmat.

Ia menyatakan, selain upacara pengingaran bendera, pada peringatan HAB ke 76 di UIN Ar-Raniry juga dilaksakan beberapa kegiatan lainnya, antara lain penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada ASN yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun. Selanjutnya aksi donor darah dan santunan anak yatim.

 “Aksi donor darah yang dilaksanakan setelah upacara peringatan HAB 76, berhasil mengumpulkan sebanyak 21 kantong darah. Kegiatan tersebut berlangsung atas kerja sama antara Palang Merah Indonesia cabang Kota Banda Aceh dengan KSR PMI UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA