Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Kompetisi Matematika Suprarasional Tingkat Nasional di Gelar Kembali 2022

Sabtu 08 Jan 2022 16:30 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) atau yang dulu dikenal dengan KMNR (Kompetisi Matematika Nalaria Realistik) akan diadakan kembali oleh Klinik Pendidikan MIPA. Kompetisi tersebut akan berlangsung mulai dari Januari hingga April.

Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) atau yang dulu dikenal dengan KMNR (Kompetisi Matematika Nalaria Realistik) akan diadakan kembali oleh Klinik Pendidikan MIPA. Kompetisi tersebut akan berlangsung mulai dari Januari hingga April.

Foto: KPM
KPM akan menggelar Kompetisi Matematika Suprarasional Januari hingga April

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) atau yang dulu dikenal dengan KMNR (Kompetisi Matematika Nalaria Realistik) akan diadakan kembali oleh Klinik Pendidikan MIPA. Kompetisi tersebut akan berlangsung mulai dari Januari hingga April. 

Kompetisi yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA ini telah berlangsung selama 16 tahun dan tahun ini adalah gelaran KMS yang ke-17. Sebelumnya, kompetisi ini bernama Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), kemudian berganti menjadi Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) pada gelarannya yang ke-16 di tahun 2021 lalu.

Tahapan pada kompetisi ini dimulai dengan tahap pendaftaran pada tanggal 1 Januari 2022 hingga 19 Februari 2022, dilanjutkan dengan Babak Penyisihan pada 20 Februari 2022, Babak Semifinal pada 20 Maret 2022, dan diakhiri dengan Babak Final yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2022. Babak Penyisihan dan Semifinal diadakan di KPM cabang dan pusat, sedangkan untuk Babak Final akan dilaksanakan di KPM pusat.

KMS adalah kompetisi Matematika tingkat Nasional dan terbesar yang diadakan oleh KPM, berisi soal-soal yang mengandalkan Nalar dan juga berintegrasi dengan karakter, sehingga siswa tidak hanya pintar melainkan juga berakhlak baik.

“Tujuan diadakannya kompetisi ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak di kepala dan kecerdasan otak di dada, memetakan level kompetensi Matematika siswa di jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, menemukan bibit unggul dan berpotensi dalam bidang Matematika dan meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi siswa, serta mengajak siswa untuk lebih dekat dengan Allah SWT,” ujar Manager Lomba KPM Ardianto, ST. 

Seluruh peserta akan mendapatkan e-sertifikat, sedangkan untuk pemenang akan mendapatkan trofi, medali, e-sertifikat, dan juga voucher KPM yang dapat digunakan untuk mendapatkan potongan harga jika mengikuti lomba internasional. 

Mengenai tata cara pendaftaran, peserta dapat membuat akun di portal https://kpm.read1institute.org/ untuk pendaftaran di KPM pusat atau dapat menghubungi nara hubung KPM pusat maupun masing-masing cabang dengan menghubungi nomor 0813-1034-3400. Biaya yang dipungut dalam kompetisi ini tidak di targetkan melainkan seikhlasnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA