Sabtu 08 Jan 2022 15:03 WIB

Ini Kelebihan Jurusan Sistem Informasi Akuntansi Dibandingkan yang Lain

Sistem informasi akuntansi Universitas BSI dirancang demi dukung ekonomi kreatif 2033

Universitas BSI sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi telah menghasilkan alumni sukses yang berprestasi di bidangnya.
Foto: UBSI
Universitas BSI sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi telah menghasilkan alumni sukses yang berprestasi di bidangnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan teknologi saat ini membuat kebutuhan tenaga IT (Information Technology) semakin mendesak. Tak hanya memahami sistem informasi teknologi, perusahaan pun menuntut kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memiliki keterampilan akuntansi untuk mengelola transaksi perusahaan. Hal ini membuat lahirnya jurusan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang memadukan ilmu antara sistem informasi dan akuntansi.  

Jurusan sistem informasi akuntansi akan mempelajari tentang dasar akuntansi dan pemrograman yang dibutuhkan oleh analis sistem untuk merancang, mengembangkan dan menerapkan sistem informasi akuntansi pada perusahaan. Lulusannya juga dibekali dengan keterampilan metode pengembangan perangkat lunak, untuk membangun aplikasi akuntansi, sehingga mampu mengoperasikan sistem informasi akuntasi serta pemecahan masalah entitas bisnis. 

Di Indonesia sendiri, belum banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan sistem informasi akuntansi, baru beberapa kampus saja yang menyediakan jurusan ini, sebut saja Universitas Indonesia, Binus University dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Universitas BSI sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi (prodi) Sistem Informasi Akuntansi telah menghasilkan alumni sukses yang berprestasi di bidangnya. 

Prodi sistem informasi akuntansi Universitas BSI dirancang untuk untuk mendukung pengembangan IPTEK dan ekonomi kreatif tahun 2033. Sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan sistem informasi akuntansi yang kompeten, kreatif, inovatif dan kompetitif. Prospek karier pada jurusan ini, juga terbentang luas dan dibutuhkan semua perusahaan bahkan instansi pemerintah. 

Prospek kerja lulusan sistem informasi akuntansi meliputi, akuntan, data scientist, konsultan IT, computerized accounting, cost accounting, business process fundamental, hingga service information system. Banyaknya prospek kerja lulusan ini membuat prodi sistem informasi akuntansi memiliki keilmuan yang berfokus kepada aplikasi komputer akuntansi, pemrograman akuntansi, analisa dan perancangan sistem informasi akuntansi hingga analisis laporan keuangan. 

Lulusan sistem informasi akuntansi Universitas BSI juga dibekali dengan keterampilan zahir accounting yang menjelaskan tentang Zahir Accounting Versi 6 yaitu menjelaskan data akuntansi mulai dari pembuatan database baru, setup master, input transaksi pada modul persediaan, pembelian, penjualan, kas dan bank, buku besar sampai dengan menampilkan laporan keuangan dan menampilkan analisis bisnis yang diaplikasikan ke dalam sebuah program Zahir Accounting Versi 6.

Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan penggunaan aplikasi Asian Business Software Solution (ABSS Premier) yang menjelaskan data akuntansi mulai dari pembuatan database perusahaan, setup master, input transaksi pada modul Account, Purchases, Sales, Banking sampai dengan menampilkan laporan keuangan dan menampilkan analisa bisnis yang diaplikasikan pada aplikasi Komputer Akuntansi ABSS Premier v.20 dengan konsep Single Currency dan Multi Currency. 

Keterampilan mahasiswa sistem informasi akuntansi Universitas BSI juga dibuktikan dengan keberhasilan prestasi dalam kompetisi mahasiswa seperti Gunadarma All About Accounting Competition, Accounting Information System Competition, Lomba Nasional Kreativitas Mahasiswa, Kompetisi Video Edukasi Perpajakan, National Paper Competition hingga GEMASTIK XIV-2021. 

Kini, prodi sistem informasi akuntansi Universitas BSI memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan dengan bergabung melalui Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) periode September 2022. Pendaftaran untuk gelombang 1 sudah mulai buka dari bulan Oktober 2021 hingga bulan 2 Februari 2022 mendatang. 

Jika ingin mendaftar di Universitas BSI, caranya cukup mudah. Kunjungi playstore dan unduh aplikasi PMB UBSI atau kunjungi laman https://bsi.pmbonline.id/.  Universitas BSI juga secara konsisten memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. 

Bekerja sama dengan Danacita, Universitas BSI turut mempermudah biaya perkuliahan dengan cara angsuran sebesar Rp 600 ribuan per bulannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement