Jumat 07 Jan 2022 21:48 WIB

Malang Targetkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Capai 85 Persen Akhir Januari

Saat ini, vaksinasi anak 6-11 tahun di Malang capai 65 persen.

Saat ini, vaksinasi anak 6-11 tahun di Malang capai 65 persen.
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Saat ini, vaksinasi anak 6-11 tahun di Malang capai 65 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, menargetkan vaksinasi anak berusia 6-11 tahun di wilayah tersebut mencapai 85 persen dari total sasaran 207.693 anak pada akhir Januari 2022. Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto di Malang, Jumat (7/1/2022), mengatakan saat ini capaian vaksinasi anak berusia 6-11 tahun tercatat sebesar 65 persen dengan harapan bisa terus meningkat hingga akhir Januari 2022.

"Akhir Januari 2022, diharapkan untuk vaksinasi anak di Kabupaten Malang, dari 65 persen bisa mencapai 85 persen dan pada akhirnya 100 persen," kata dia.

Baca Juga

Dia menjelaskan, vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun terus dilakukan percepatan. Oleh karena itu, Kepala Dinas Pendidikan diharapkan bisa terus melakukan edukasi kepada para orang tua siswa. Dengan adanya edukasi tersebut, diharapkan para orang tua mendorong anak-anak mereka turut serta pada program vaksinasi dalam upaya membentuk kekebalan kelompok dari penularan virus corona.

"Capaian ini harus dipercepat. Saya minta kepada Dinas Pendidikan untuk mengedukasi orang tua agar anak mereka diikutsertakan dalam program vaksinasi," ujarnya.

Di Kabupaten Malang, berdasarkan data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), ada 207.693 sasaran vaksinasi anak berusia 6-11 tahun. Ia menambahkan, vaksinasi harus terus dipercepat mengingat saat ini ada varian Omicron yang merebak di sejumlah negara. 

"Besar harapan agar pertumbuhan ekonomi termasuk di dalamnya pendidikan bisa berlangsung dan berjalan normal kembali. Aktivitas bisa kembali normal dan anak-anak bisa tumbuh berkembang sehingga orang tua tidak lagi ada kekhawatiran," ujarnya.

Didik melakukan peninjauan vaksinasi anak-anak berusia 6-11 tahun di SDN 1 Senggreng, Balai Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung,serta Balai Desa Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen. Di SDN Senggreng 1 Sumberpucung, vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac menyasar siswa kurang lebih sebanyak 76 anak, sedangkandi Balai Desa Jatiguwi, sebanyak 75 anak datang didampingi orang tuanya untuk mengikuti vaksinasi dosis pertama. Di Balai Desa Kedung Pendaringan, Kecamatan Kepanjen sebanyak 87 dosis vaksin disiapkan Pemerintah Kabupaten Malang melalui Puskesmas Kepanjen untuk anak usia 6-11 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement