Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Keutamaan Surat Al Baqarah, Benteng Sihir hingga Cahaya Rumah

Jumat 07 Jan 2022 20:36 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Surat Al Baqarah merupakan salah satu surat yang istimewa. Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah merupakan salah satu surat yang istimewa. Surat Al Baqarah

Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Surat Al Baqarah merupakan salah satu surat yang istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran secara kesuluruhan memberikan faedah bagi pembacanya, baik di dunia atau di akhirat. 

Meski demikian, terdapat sejumlah keutamaan yang secara spesifik terdapat dalam surat-surat tertentu. Salah satunya adalah surat Al Baqarah.  

Baca Juga

Surat Al Baqarah memiliki faedah yang besar ketika rutin dibaca di rumah. Setidaknya ada tiga faedah yang akan kita dapatkan dari surat Al Baqarah bila rajin membacanya. 

Pertama, surat Al Baqarah melindungi dari dari sihir dan kedengkian orang lain. Bila rumah sering dibacakan surat Al Baqarah, maka setan, sihir dan malapetaka akan menjauhinya. Rasulullah ﷺ bersabda: 

واقرأوا سورة البقرة فإن أخذها بركة وتركها حسرة ولا تستطيعها البطلة 

"Dan bacalah surat Al Baqarah karena jika kita mengambilnya (membaca/menghafal) itu merupakan suatu keberkahan dan meninggalkannya merupakan kerugian. Perkara ini tidak mungkin dilakukan oleh orang-orang yang batil (jahat/buruk perangainya)." HR Muslim)

Kedua, surat Al Baqarah menjadi cahaya untuk rumah yang dibacakan surat tersebut. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ tentang perintahnya untuk senantiasa mengisi rumah dengan bacaan surat Al Baqarah.

عن أبي هريرة - رضي الله عنه- أنَّ رسولَ الله - صلّى الله عليه وسلّم- قالَ: لا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقابِر فإنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ البَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فيهِ سُورَةُ البَقَرَةِ.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah ﷺ bersabda, "Jangan jadikan rumahmu kuburan, karena setan itu lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah."

Ketiga, dalam Surat Al Baqarah terdapat ayat terbesar Alquran, yaitu ayat Kursi. Setiap Muslim diutamakan untuk menghafal ayat Kursi dan membacanya ketika sebelum tidur. Termasuk juga diutamakan membaca ayat Kursi setiap setelah sholat. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ يَمُوتَ

"Siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR Bukhari)

Selain ayat kursi, dua ayat terakhir surat Al Baqarah juga memiliki faedah yang besar. Dalam hadits sahih, Rasulullah  ﷺ bersabda: 

من قرأ بالآيتين من ‏آخر سورة ‏‏البقرة ‏في ليلة كفتاه

"Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah di malam hari maka itu cukup baginya."

 

Sumber: elbalad  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA