Sabtu 08 Jan 2022 05:25 WIB

Rajin Baca Surat Al Baqarah? Ini Keistimewaannya

Surat Al Baqarah memiliki keistimewaan tersendiri.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Rajin Baca Surat Al Baqarah? Ini Keistimewaannya
Foto: Republika/ Nashih Nashrullah
Rajin Baca Surat Al Baqarah? Ini Keistimewaannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Al Baqarah memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam. Maka sudah sepatutnya seorang Muslim rajin membacanya terutama di dalam rumahnya.

Membacanya akan mendatangkan manfaat untuk rumah yang ditinggali. Dalam riwayat Muawiyah, disebutkan rumah yang dibacakan Surat Al Baqarah maka rumah tersebut terhindar dari setan selama tiga malam.

Baca Juga

Dalam hadits riwayat Ibnu Hibban, dari Sahl bin Saad, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Segala hal memiliki punuk, dan punuk Alquran adalah Surat Al Baqarah. Yang membacanya di rumahnya pada malam hari maka setan tidak akan memasuki rumahnya selama tiga malam. Dan siapa yang membacanya di siang hari, maka setan tidak akan masuk ke rumahnya selama tiga hari."

Pada prinsipnya, seorang Muslim dibolehkan untuk membaca Surat Al Baqarah setiap hari, setiap dua hari, atau sepekan sekali. Tidak ada hari atau waktu yang khusus untuk membaca Surat Al Baqarah. Teknis membacanya boleh dengan mencicilnya secara rutin.

Di dalam Surat Al Baqarah juga terdapat dua ayat yang siapapun membacanya pada malam hari maka itu sudah cukup baginya. Hal ini sebagaimana hadits riwayat Bukhari dari jalur Abu Mas'ud Al-Badri, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari Surat Al Baqarah di malam hari maka itu cukup baginya."

Penjelasan mengenai 'cukup baginya', di antaranya ada ulama yang berpendapat bahwa dua ayat terakhir Al Baqarah akan mencukupkan dari sholat malam atau dilindungi dari gangguan setan, dan marabahaya lainnya.

Dalam hadits riwayat Muslim dari jalur Abu Umamah Al-Bahili, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Alquran, karena ia di hari kiamat akan memberi pertolongan bagi para pemiliknya. Bacalah dua surat yang bersinar yakni Surat Al-Baqarah dan Ali Imran. Sebab, keduanya di hari Kiamat akan didatangkan sebagai bentuk dua mendung atau dua awan. Atau dua surat tadi kelak dijelmakan menjadi dua kelompok burung yang membentangkan sayap-sayapnya dan membela pemiliknya. Maka bacalah Surat Al Baqarah, karena membacanya adalah keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya."

Sumber: https://www.elbalad.news/4882163

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement