Jumat 07 Jan 2022 17:42 WIB

Intip Teknologi Unik dan Canggih di Gelaran CES 2022

Teknologi masker canggih pelawan covid-19 hingga mobil otonom hadir di CES.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
LG menghadirkan TV OLED 97 in di CES 2022.
Foto: cnet
LG menghadirkan TV OLED 97 in di CES 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Consumer Electronics Show (CES) 2022 secara resmi dimulai pada 5 hingga 7 Januari 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Acara ini akan berfokus pada tren teknologi global, termasuk inovasi yang dikembangkan untuk memerangi Covid-19.

Dalam menghadapi virus Covid-19 varian Omicron yang menyebar dengan cepat, sebagian besar media teknologi berencana meliput CES dari jarak jauh. Namun, pertunjukan tatap muka akan terus berlanjut.

Baca Juga

Dilansir dari Techradar, Rabu (5/1), Consumer Technology Association (CTA) pada akhir Desember mengeluarkan pernyataan, tes PCR Covid-19 diperlukan dari semua peserta sebelum me reka memasuki area pameran. Sayangnya, beberapa peserta pameran besar telah mengubah rencana CES mereka, termasuk Microsoft, Lenovo, Meta, Amazon, dan Twitter.

Berbagai raksasa teknologi ini memutuskan tidak hadir secara langsung, tetapi sebagian besar akan menjalankan konferensi pers secara daring dan menggelar pameran digital. CTA pun memastikan CES tahun ini akan digelar dengan lebih 'hibrida'. "Acara digital yang kami gelar tahun lalu, me mung kinkan kami mencapai tujuan yang telah kami pikirkan selama beberapa waktu, yaitu menghubungkan orangorang dari seluruh dunia dengan apa yang terjadi di CES," kata Karen Chupka yang mengepalai CES CTA.

Menurutnya, untuk acara 2022, CES akan menarik pemirsa digital, sekaligus membawa pengunjung ke sesi di pertunjukan fisik. "Kami ingin menggunakan format hibrida sebagai alat untuk membantu menghubungkan lebih banyak orang dan membawa pemirsa baru," ujar Karen.

Beberapa highlight dari CES di tahun ini, adalah Samsung yang telah mulai memperkenalkan deretan TV pintar generasi terbarunya dengan pembaruan pada teknologi layar. Salah satunya, adalah teknologi layar micro LED dengan beberapa fitur baru yang mem buat gambar semakin jernih dan lebih berwarna dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu, ada pula LG yang membawa layar UltraFine dan LG DualUp. Kedua produk ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna profesional di seluruh dunia, baik yang bekerja di rumah maupun kantoran, seperti di bidang kreatif dan pemrograman. Secara fisik, bodi kedua monitor ini menawarkan desain yang ramping dan praktis. Keduanya dibekali oleh panel Nano IPS, waktu respons lima milisekon, dan membawa desain tanpa bingkai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement