Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Enam Hal yang Menimpa Peminum Khamar

Jumat 07 Jan 2022 15:22 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Enam Hal yang Menimpa Peminum Khamar. Foto: Minuman keras yang dijual bebas di mini market.   (ilustrasi)

Enam Hal yang Menimpa Peminum Khamar. Foto: Minuman keras yang dijual bebas di mini market. (ilustrasi)

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Peminum khamar akan mendatangkan kehancuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Meminum minuman yang memabukan atau khamar hukumnya  haram. Dan sejatinya meminum khamar akan mendatangkan kehancuran baik di dunia maupun akhirat. Orang-orang yang suka minum khamar akan terjerumus dalam jurang kemiskinan, bahkan karena pengaruh khamar akan membuatnya semakin dalam pada perbuatan maksiat lainnya seperti mencuri, berzina, membunuh dan lainnya. Sementara di akhirat orang-orang yang meminum khamar akan mendapatkan siksa yang sangat berat. Berikut enam  hal yang akan menimpa orang-orang peminum khamar sebagaimana dirangkum dalam beberapa hadits yang dinukil dari kitab At Targhib wat Tarhib.

1.Air Panas Api Neraka Bagi Peminum Khamar

Baca Juga

Orang yang suka meminum khamar dan tidak tobat dengan sungguh-sungguh hingga ajal menjemputnya maka telah disediakan oleh Allah minuman berupa air yang sangat panas dari neraka. Sebagaimana hadits: 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَسَقَاهُ اللَّهُ مِنْ حَمِيْمِ جَهَنَّمَ

Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa minum khamar maka Allah akam memberikan minuman dari air panas neraka jahanam. (HR. Bazzar)

2.Peminum Khamar Diberikan Keringatnya Ahli Neraka

Kelak peminum khamar akan dimasukan ke dalam neraka. Dan di dalamnya Allah SWT menyuguhkan Thiynatul Khobal yakni keringatnya para ahli neraka. Sebagaimana hadits: 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ مُسْكِرٍحَرَامٌ, وَاِنَّ عِنْدَاللَّهِ عَهْدًالِمَنْ يَشْرَبُ الْمُسْكِرَأَنْ يَسْقِيَهُ اللَّهُ مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَالِ قَالُوْا: يَارَسُوْلَ اللَّهِ ,وَمَاطِيْنَةُ الْخَبَالِ؟ قَالَ :عَرَقُ أَهْلِ النَّارِ أَوْعُصَارَةُ أَهْلِ النَّاِر. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Setiap minuman yang memabukan itu haram. Dan di sisi Allah itu ada perjanjian bagi orang yang minum minuman memabukan. Yaitu Allah akan memberikannya minuman Thiynatul Khobal. Para sahabat bertanya:  Ya Rasulullah apakah itu Thiynatul Khobal. Lalu Rasulullah bersabda: yaitu keringatnya ahli neraka atau perasaannya ahli neraka.  (HR. Muslim dan Nasai)

3.Khamar Menjerumuskan Pada Kejahatan

Sudah banyak kasus kejahatan yang terjadi dilatarbelakangi karena pelakunya mengkonsumsi khamar. Mulai dari berbuat zina, berkelahi, membunuh, mencuri, berjudi dan lain sebagainya. Itu sebabnya seseorang yang senang meminum khamar sejatinya besar kemungkinannya untuk melakukan kejahatan atau kemaksiatan lainnya. Sebagaimana sabda nabi: 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   : اِجْتَنِبُواالْخَمْرَفَاِنَّهَامِفْتَاحُ كُلِّ شَرٍّ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Jauhilah kalian semua khamar, karena khamar itu kunci segala kejahatan. (HR. Hakim)

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA