Jumat 07 Jan 2022 14:41 WIB

90 Tahun Kuasai Pasar Otomotif AS, General Motors Kini Disalip Toyota

Penjualan Toyota di AS sepanjang 2021 adalah sekitar 2,3 juta.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Toyota. Penjualan Toyota di AS sepanjang 2021 adalah sekitar 2,3 juta, tumbuh 10 persen dibandingkan tahun lalu.
Toyota. Penjualan Toyota di AS sepanjang 2021 adalah sekitar 2,3 juta, tumbuh 10 persen dibandingkan tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Selama sekitar 90 tahun, puncak peringkat penjualan kendaraan di Amerika Serikat (AS) selalu ditempati oleh General Motors (GM). Tapi, kini posisi sakral itu mulai diambil alih oleh Toyota.

Dikutip dari Drive pada Jumat (7/1), total penjualan Toyota di AS sepanjang 2021 adalah sekitar 2,3 juta. Sedangkan total penjualan GM berada pada level 2,2 juta.

Baca Juga

Hal itu membuat Toyota jadi pemimpin total penjualan di AS. Padahal seluruh pabrikan menghadapi tantangan yang sama selama pandemi.

Ternyata, Toyota berhasil mengelola krisis itu dengan lebih baik dan membuat pabrikan Jepang itu berhasil menguasai pasar di AS. Meski hanya selisih 4,8 persen, tapi capaian itu jadi capaian bersejarah bagi Toyota sekaligus jadi kekecewaan besar bagi GM.

Posisi bergengsi GM sendiri harus diserahkan kepada Toyota karena sepanjang 2021 GM mengalami penurunan penjualan sebesar 13 persen. Di saat yang sama, Toyota malah berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 10 persen.

Di AS, produk Toyota yang paling laris adalah Toyota RAV4 SUV. Sementara, penjualan GM didominasi oleh Chevrolet Silverado dan GMC Sierra.

Lewat capaian ini, maka Toyota menambah barisan negara yang berhasil dipimpin. Bagi Toyota, Western nation pertama yang berhasil didominassi penjualanya adalah Australia.

Posisi itu berhasil diraih Toyota pada 1991. Sejak saat itu, Toyota selalu jadi pemimpin penjualan di Australia hingga saat ini.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement