Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Ikuti Pembekalan Sertifikasi Kompetensi 

Jumat 07 Jan 2022 13:56 WIB

Red: Irwan Kelana

Sebanyak  120 mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengikuti pembekalan sertifikasi kompetensi, Selasa (4/1).

Sebanyak 120 mahasiswa Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengikuti pembekalan sertifikasi kompetensi, Selasa (4/1).

Foto: Dok UNM
Pembekalan sertifikasi kompetensi diikuti 120 mahasiswaProdi Sistem Informasi UNM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (Prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyelenggarakan pembekalan sertifikasi kompetensi program analis susulan, untuk mahasiswa yang belum mengikuti pembekalan sebelumnya. Kegiatan ini digelar secara daring pada Selasa (4/1), pukul 14.00-17.00 WIB. 

Hadir sebagai pembicara Frieyadie, yang merupakan dosen UNM juga sebagai asesor kompetensi. Ia  didampingi moderator Rani Irma Handayani, dosen Prodi Sistem Informasi UNM yang juga seorang asesor kompetensi. Peserta yang hadir sebanyak 120 mahasiswa.

Frieyadie mengatakan, tujuan sertifikasi kompetensi ini salah satunya membantu tenaga profesi meyakinkan dunia industri mengenai keahlian dan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

“Dokumen kelengkapan yang harus dipersiapkan untuk kebutuhan sertifikasi kompetensi seperti Kartu mahasiswa, Kartu Hasil Studi, Ijazah akhir, pas foto dan bukti sertifikat kompetensi atau pelatihan,” katanya dalam rilis yang diterima Republika.co.id,  Kamis (6/1).

Ia juga menjelaskan mengenai alur pelaksanaan sertifikasi kompetensi analis program yang dimulai dari proses pendaftaran, konsultasi pra asesmen, asesmen sampai dengan memberikan keputusan kepada peserta sertifikasi pakah Kopeten atau tidak kompeten.  

“Jumlah unit pada skema sertifikasi kompetensi analis program yang akan diujikan terdiri dari 10 unit,” ujarnya.

Sementara itu, Sukmawati Anggraeni Putri sebagai ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi UNM menyebutkan, dengan dilaksanakannya webinar pembekalan sertifikasi kompetensi susulan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan tentang persiapan dan hal-hal apa saja yang akan diujikan dalam kegiatan uji sertifikasi kompetensi.

“Uji kompetensi ini nanti akan dilaksanakan pada Januari sampai Februari 2022, sesuai dengan jadwal masing-masing. Semoga acara pembekalan sertifikasi kompetensi analis program dapat bermanfaat dan mahasiswa semangat dalam mengikuti uji kompetensi,” tutupnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA