Jumat 07 Jan 2022 13:21 WIB

BMW Perkenalkan Teknologi Penggantian Warna Cat Mobil dengan Sentuhan

Warna pada mobil bisa berubah dengan membalik pigmen dalam lapisan tersebut.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo BMW. BMW sedang mengembangkan teknologi yang bisa dengan mudah mengganti warna mobil hanya dengan satu sentuhan.
Foto: Pxfuel
Logo BMW. BMW sedang mengembangkan teknologi yang bisa dengan mudah mengganti warna mobil hanya dengan satu sentuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Di masa depan, pengendara yang mudah bosan dengan warna cat mobil tak lagi perlu mengganti mobil atau mengganti warna cat. Karena, BMW sedang mengembangkan teknologi yang bisa dengan mudah mengganti warna mobil hanya dengan satu sentuhan.

Dikutip dari Pocket Lint pada Kamis (6/1), teknologi itu merupakan sebuah inovasi yang disebut dengan E Ink. Teknologi yang dikenalkan lewat ajang CES 2022 ini merupakan sebuah special wrap yang dipasang pada body mobil.

Baca Juga

Lewat sejumlah rekayasa teknologi, warna pada mobil bisa berubah dengan membalik pigmen dalam lapisan tersebut. Dalam demonstrasi BMW, digambarkan bahwa teknologi ini bisa membuat mobil berwarna putih berubah jadi warna hitam.

BMW menilai, teknologi ini juga bisa berpeluang dalam meningkatkan efisiensi kendaraan. Artinya, warna putih bisa digunakan dalam kondisi cuaca panas sehingga bisa memantlkan panas matahari.

Dengan begitu, penggunaan pendingin ruangan atau AC bisa ditekan sehingga beban kerja mesin bisa berkurang. Sedangkan warna hitam bisa digunakan saat cuaca dingin sehingga penggunaan heater bisa dikurangi.

Tapi, tentu penerapan teknologi ini juga perlu dibekali dengan regulasi yang pas. Karena, nantinya hal ini bisa mempersulit pelacakan saat sebuah mobil terlibat dalam kasus hukum tertentu.

BMW menilai, teknologi ini kedepanya juga bisa diterapkan pada dashboard mobil. Sehingga, dashboard mobil bisa berubah warna sesuai dengan kebutuhan dan kondisi berkendara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement