Jumat 07 Jan 2022 12:20 WIB

Google Kenalkan Fitur Konektivitas Baru di Seluruh Perangkat

Google akan mengoneksikan ponsel, chromebook hingga TV android.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google
Foto: EPA
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat, Google mengungkapkan sejumlah fitur terbarunya. Fitur tersebut adalah konektivitas perangkat supaya lebih mudah dan lancar bagi ponsel Android, Chromebook, TV Android, dan jam tangan pintar Wear OS.

Fitur ini dimulai pada Fast Pair for Bluetooth headphones yang secara otomatis akan memasangkan dengan Chromebook atau ponsel Android untuk menyiapkan Chromebook baru yang memberikan semua informasi yang diperlukan serta kata sandi wifi. Fitur ini harus tersedia dalam beberapa pekan mendatang.

Baca Juga

Sementara untuk beberapa bulan ke depan, perangkat pintar yang mendukung Matter akan mendukung pemasangan dengan perangkat Google TV atau Android TV OS. Saat ini, Anda dapat membuka kunci Chromebook menggunakan ponsel Android tetapi Google juga ingin mengaktifkannya pada jam tangan pintar Wear OS.

Jam tangan tidak hanya dapat membuka kunci Chromebook Anda, tetapi juga handset Android Anda tanpa harus ada di sekitar Anda.

Di sisi lain, ponsel Samsung akan melihat dukungan tambahan untuk fitur kunci mobil digital. Ponsel yang mendukung UWB akan memiliki kemampuan untuk membuka kunci kendaraan BMW Anda hanya dengan mendekati pintu mobil Anda.

Berbagi kunci mobil virtual Anda dengan teman dan keluarga juga merupakan pilihan ketika mereka perlu meminjam mobil Anda. Selain itu, mobil Volvo akan menjadi salah satu yang pertama menawarkan fungsi jarak jauh menggunakan perangkat Android Anda. Sama seperti otomatisasi rumah, Anda dapat memanaskan mobil terlebih dahulu atau menyalakan AC sebelum Anda memasuki mobil.

Dilansir GSMArena, Jumat (7/1), Google bertujuan untuk membuat streaming konten lebih mulus di berbagai perangkat. Misalnya, jika Anda menggunakan headphone Bluetooth untuk menonton film di tablet dan ada panggilan masuk di ponsel Anda, sistem akan menjeda film dan menerima panggilan dari ponsel Anda dan melanjutkan setelahnya tanpa Anda harus menyentuh apa pun. Ini akan tersedia pada bulan-bulan berikutnya untuk headphone yang didukung.

Selain itu, Google ingin membuat Chromecast ke lebih banyak perangkat seperti TV, speaker pintar, dan lain-lain. Bose akan menjadi salah satu yang pertama merilis speaker dan soundbar dengan fungsi Chromecast.

Terakhir, Google memungkinkan untuk berinteraksi dengan ponsel Android Anda tanpa harus membawanya. Misalnya, Anda akan dapat menanggapi pesan menggunakan Phone Hub tanpa harus menginstal aplikasi tersebut di Chromebook. Tanpa detail lebih lanjut, Google juga berjanji akan memberikan fitur konektivitas canggih di akhir tahun untuk PC Windows. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement