Kamis 06 Jan 2022 21:13 WIB

Ingin Turunkan Berat Badan? Tips Sederhana Ini Bisa Jadi Pilihan

Anda mungkin sedang mencari metode terbaik dan termudah untuk menurunkan berat badan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tips sederhana untuk menurunkan berat badan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Tips sederhana untuk menurunkan berat badan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan mendaftar keanggotaan gym. Tak hanya itu, kemungkinan besar mereka mencoba mencari tahu metode terbaik dan termudah untuk menurunkan berat badan. 

Bagi Anda yang hendak memulai hidup sehat dan hendak menurunkan berat badan berlebih, tips berikut ini mungkin bisa menjadi pilihan pada tahun ini:

Baca Juga

1. Tidur yang cukup

Ahli diet, Su-Nui Escobar, mengatakan, sungguh menakjubkan apa yang dapat dilakukan oleh tidur malam yang baik untuk Anda. Pertama, ini dapat membantu Anda mengurangi keinginan mengidam gula dan menyeimbangkan hormon Anda yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

"Selain itu, dapat membantu Anda merasa lebih energik untuk berolahraga setelah tidur nyenyak," ujarnya seperti dikutip dari laman Eat This, Not That pada Kamis (6/1/2022).

2. Konsumsi protein setiap kali makan

"Perhatikan secara khusus untuk menambahkan protein ke sarapan Anda. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama, membuatnya lebih mudah untuk menolak makanan berkalori tinggi dan tinggi lemak sampai waktu makan berikutnya," ujar Escobar.

3. Rencanakan camilan dan manisan Anda

"Sediakan alternatif yang lebih sehat untuk Anda sebagai camilan. Akan ada hari-hari di mana Anda menginginkan sedikit camilan atau yang manis dan memiliki alternatif yang baik dapat membantu Anda makan apa yang Anda inginkan sambil terus menurunkan berat badan," ujar Escobar.

4. Mendukung mikrobioma usus yang sehat

Ahli diet, Angela L Lago, mengatakan usus sering disebut sebagai otak kedua. Oleh karena itu, apa yang Anda makan memengaruhi begitu banyak proses lain di seluruh tubuh. Faktanya, penelitian mengenai efek diet terhadap mikrobioma dan oleh karena itu obesitas sedang dipelajari.

"Mikrobioma, bakteri sehat atau baik di usus perlu diberi nutrisi dan didorong untuk tumbuh menjadi komunitas mikroba yang beragam," ujarnya.

Anda dapat mengonsumsi makanan padat nutrisi dengan paling banyak mengisi setengah piring Anda dengan sayuran makanan, termasuk makanan atau suplemen probiotik. Jangan lupa mengonsumsi banyak makanan kaya serat (prebiotik) untuk memberi makan mikroba baik di usus, dan menghindari minuman beralkohol.

5. Pertimbangkan kualitas kalori

Minumlah setidaknya 20 gram protein dari makanan seperti susu, telur, tahu, seafood, dan daging tanpa lemaksetiap kali makan. "Protein membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu Anda mengontrol rasa lapar," ujar ahli diet, Elizabeth Ward dan rekan penulis The Menopause Diet Plan: A Natural Guide to Managing Hormones, Health, and Happiness.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement