Kamis 06 Jan 2022 17:32 WIB

Tanda Utama Covid-19 Berubah Menjadi Berbahaya

Apa yang membuat beberapa orang terkena Covid-19 yang parah?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda utama Covid-19 berubah menjadi berbahaya (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tanda utama Covid-19 berubah menjadi berbahaya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar infeksi virus corona (sekitar 80 persen) cenderung lebih ringan. Mereka yang terinfeksi dapat pulih dengan baik di bawah perawatan. Namun, untuk kasus lainnya, virus cenderung menyebabkan gejala yang parah, bahkan dapat memengaruhi fungsi vital.

Apa yang membuat beberapa orang terkena Covid-19 yang parah? Bagi kebanyakan orang, gejala Covid-19 dimulai dengan cara yang sama. Namun, tingkat keparahan kemungkinan besar diperhatikan pada hari kelima, bagi mereka yang rentan terhadap hal yang sama.

Baca Juga

Tingkat keparahan yang ditimbulkan dalam kasus bagi kebanyakan orang terjadi karena badai sitokin, yang menyebabkan sistem kekebalan melepaskan autobodi mematikan yang mengaktifkan sel-sel sehat. Bagi beberapa orang, tingkat keparahan dapat dipengaruhi oleh predisposisi genetik mereka atau komorbiditas yang mungkin timbul.

Meskipun demikian, sebagian besar dokter percaya bahwa bantuan medis yang tepat waktu dapat menyelamatkan nyawa. Penting juga untuk mempelajari dan mengenali gejala yang dapat mengubah kasus Covid-19 ringan Anda menjadi parah. Kekurangan oksigen, sesak napas, komplikasi organ vital semuanya bisa menjadi tanda peringatan serius bahwa seseorang perlu dirawat di rumah sakit.

Menurut dr Mathew Varghese dari Rumah Sakit St Stephens di India,  tingkat keparahan dan tanda-tanda peringatan Covid-19 yang parah dapat dikenali pada pekan awal timbulnya infeksi. Untuk itu, intervensi tepat waktu sangat penting

Selain penurunan kadar oksigen, nyeri dada atau sesak napas, hal-hal berikut ini juga menjadi tanda peringatan yang harus diperiksa pada hari-hari awal, seperti dilansir di Times of India, Kamis (6/1/2022):

1. Demam menetap yang kembali

Demam tetap menjadi tanda infeksi yang paling klasik. Ketika virus bermutasi, menjadi jelas bahwa demam saja mungkin tidak ada pada semua kasus.

Namun, bagi mereka yang memang mengalami demam, kenaikan suhu tubuh ringan yang tidak turun setelah empat hingga lima hari menjadi masalah yang mengkhawatirkan. Menurut dr Verghese, selama tujuh hari pertama infeksi, pasien Covid-19 harus sangat berhati-hati terhadap berapa lama demam berlangsung.

Jika mereka mencatat demam yang tampaknya kembali, satu atau dua hari setelah menetap, atau jika pasien mencatat demam baru (tanpa mengalaminya terlebih dahulu), perhatian medis mungkin diperlukan.

Demam yang tidak terkendali atau demam yang berlangsung selama lebih dari enam hari berturut-turut dengan Covid-19 dapat menandakan kekhawatiran tambahan atau serangan virus pada jaringan yang lebih sehat yang disebabkan oleh peradangan. Ini juga alasan mengapa hari kelima sampai ketujuh dianggap sebagai penanda penting bagi pasien Covid-19 karena ini adalah garis waktu ketika sitokin menyebar.

2. Batuk yang dalam dan menusuk

Anda dapat mengalami batuk yang kuat, menjengkelkan, dan terus-menerus dengan Covid-19 yang tampaknya tidak akan hilang. Jika seorang pasien mengalami sensasi batuk yang dalam dan batuk, yang tidak menghasilkan dahak, itu mungkin merupakan tanda peringatan bahwa paru-paru dan organ pernapasan Anda terinfeksi akut. Batuk terus-menerus, disertai sesak napas, iritasi juga bisa menjadi tanda pneumonia, yaitu infeksi pada kantung udara kecil di dalam tubuh. Batuk kering yang tidak mengeluarkan dahak juga sangat khas pada Covid-19.

3. Tidak nyaman pada dada

Gejala mendesak lainnya yang harus diwaspadai selama masa pemulihan adalah segala jenis ketidaknyamanan dada. Sensasi nyeri, gangguan, atau kemacetan, pada setiap titik waktu dari awal timbulnya gejala tidak boleh dianggap enteng.

Sedangkan Covid-19 lebih banyak menyerang saluran pernapasan bagian atas, mengalami sesak, rasa terbakar, mengi saat mengeluarkan napas atau rasa sakit yang menusuk di sekitar dada merupakan tanda virus tersebut juga menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah dan menjadi parah. Gejala-gejala ini harus diwaspadai sejak dini karena jika tidak, dapat menyebabkan infeksi parah, memicu gangguan pernapasan, dan memperpanjang waktu pemulihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement