Jumat 07 Jan 2022 06:20 WIB

Deretan Pemain Top Muslim yang Tampil di Piala Afrika

Ada puluhan pemain Muslim yang terdaftar untuk ambil bagian dalam Piala Afrika

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Mohamed Salah
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Mohamed Salah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Perhelatan Piala Afrika (Africa Cup of Nations) atau disingkat AFCON 2021 akan dimulai pada 9 Januari 2022 mendatang. Laga pembuka turnamen Piala Afrika akhir pekan ini akan menyuguhkan pertandingan antara tuan rumah Kamerun melawan Burkina Faso.

Sebagai kejuaraan kontinental terbesar di Afrika, kompetisi ini juga diramaikan oleh pemain-pemain top Muslim di dunia sepak bola. Ada puluhan pemain Muslim yang terdaftar untuk ambil bagian dalam turnamen 24 tim tersebut.

Kompetisi dua tahunan edisi ke-33 ini adalah versi kedua yang diperbesar yang diperebutkan antara 24 tim. Berikut deretan pemain-pemain Muslim yang akan tampil dan berpartisipasi dalam skuat utama negara-negara Afrika, dikutip dari laman About Islam, Kamis (6/1/2022):

1. Achraf Hakimi dari Maroko

Hakimi adalah pemain sepak bola profesional yang bermain sebagai bek sayap kanan untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain (PSG) dan tim nasional Maroko. Dikenal sebagai salah satu bek kanan terbaik di dunia, Hakimi juga bisa bermain sebagai sayap kanan.

2. Sadio Mane dari Senegal

Sadio Mane adalah kapten negara Muslim Senegal di Afrika Barat. Pemain berusia 27 tahun itu berada di urutan keempat untuk Ballon d'Or 2019, dan dalam penghargaan untuk Pemain Pria Terbaik FIFA, dia berada di peringkat kelima pada 2019 dan keempat pada 2020.

Sadio juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Pada 2019, ia menyumbangkan senilai 250.000 pounds(319.103 dolar) untuk membangun sekolah di kota kelahirannya di Banbali, Senegal. Pada 2021, ia menyumbangkan sebesar 500.000 pound (638.207 dolar, 561.987 euro) untuk pembangunan sebuah rumah sakit di Banbali.

3. Mohamed Salah dari Mesir

Pemain sayap dan penyerang asal Mesir, Mohamed Salah, dianggap oleh para pakar sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Salah tampil luar biasa bersama klubnya, Liverpool. Meskipun ia menempati posisi ketujuh dalam voting peraih Ballon d'Or 2021, Salah memenangkan gelar Ballon d'Or Afrika pada 2017 dan 2021. Tujuannya tahun ini adalah untuk membantu Mesir mengamankan gelar kontinental kedelapan.

4. Riyad Mahrez dari Aljazair

Kapten juara bertahan Aljazair, Riyad Mahrez, berharap bisa berada di puncak permainannya selama AFCON ini. Dia telah menghasilkan beberapa penampilan yang kurang meyakinkan dalam beberapa bulan terakhir untuk negaranya, tetapi penggemar Aljazair mengharapkan dia akan mengulangi performanya dengan Manchester City di pentas besar ini.

5. Wahbi Khazri dari Tunisia

Wahbi Khazri, yang bermain untuk klub Ligue 1 Prancis Saint-Etienne, adalah salah satu pemain paling menonjol di tim nasional Tunisia. Wahbi Khazri juga merupakan kapten tim nasional Tunisia, yang jerseynya telah ia kenakan 63 kali untuk 22 gol sejak 2013 dan yang ia pakai saat bermain di Piala Dunia FIFA 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement