Kamis 06 Jan 2022 12:30 WIB

Rahasia Pendekatan Dakwah Risalah Nur

Pemikiran Badiuzzaman Said Nursi banyak tertuang dalam karyanya Risalah Nur.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi potret Said Nursi.
Foto: timesofummah.com
Ilustrasi potret Said Nursi.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Badiuzzaman Said Nursi adalah ulama dan pemikir asal Turki yang memiliki ide-ide fundamental dan komprehensif. Buah pemikirannya menjadi tonggak pemikiran Islam modern di Turki. Pemikiran Nursi banyak tertuang dalam karyanya yang berjudul Risalah Nur.

Dalam buku berjudul "Khutbah Syamiyah: Manifesto Kebangkitan Umat Islam" terbitan Risalah Nur Press, Said Nursi menuliskan sebuah jawaban penting dari sebuah pertanyaan yang sangat urgen. Dalam pelajaran yang dia sampaikan 40 tahun yang lalu, “Said Lama” menyebutkan lewat firasatnya berbagai pelajaran Risalah Nur yang luar biasa berikut pengaruhnya seolah-olah ia melihatnya secara langsung.

Baca Juga

Banyak yang bertanya kepada Said Nursi dan kepada sejumlah saudaranya, di mana mereka masih terus bertanya, "Mengapa Risalah Nur tidak terkalahkan dalam menghadapi gempuran banyak penentang, filsuf yang keras kepala, dan pengusung kesesatan?"

Padahal dalam batas tertentu, dengan sekuat tenaga, mereka telah berusaha menghalangi penyebaran jutaan buku Islam yang sangat bernilai. Mereka berusaha menjauhkan banyak orang, terutama kalangan pemuda baik-baik dari berbagai hakikat iman dengan cara memberikan sejumlah sarana kesesatan sekaligus melenakan mereka dengan kenikmatan duniawi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement