Rabu 05 Jan 2022 22:16 WIB

Tips Agar Sehat dengan Cara Mudah dan Murah

Seseorang yang mendambakan tubuh sehat tak harus membeli berbagai alat olahraga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Tips agar sehat dengan cara mudah dan murah (ilustrasi)
Foto: PxHere
Tips agar sehat dengan cara mudah dan murah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak butuh banyak biaya untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Membayar mahal untuk langganan pusat kebugaran maupun menyewa jasa personal trainer bukan satu-satunya cara agar tetap bugar.

Seseorang yang mendambakan tubuh sehat juga tidak harus membeli berbagai alat olahraga, suplemen makanan, atau pakaian khusus. Ada banyak cara dan kebiasaan menyehatkan yang bisa dijadikan rutinitas.

Baca Juga

"Pada kenyataannya, yang Anda butuhkan hanyalah pakaian yang nyaman, sedikit motivasi berolahraga, makanan seimbang, dan Anda siap melakukannya," ujar Emma Ford, personal trainer dari PureGym Aylesbury, Inggris.

Setiap orang dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan tanpa menguras kantong, bahkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Berikut sejumlah kiat yang bisa diikuti, dilansir di laman Marie Claire, Senin (3/1/2022):

1. Berjalan kaki

Berjalan santai di pagi atau sore hari adalah cara yang murah dan mudah untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Olahraga lari juga merupakan cara gratis yang bagus untuk menjadi bugar.

2. Tetap terhidrasi

Cara sederhana, gratis, dan efektif untuk meningkatkan kesehatan adalah dengan minum lebih banyak air putih. Kurangi minum minuman kemasan yang tinggi gula dan memuat zat aditif karena cenderung kurang sehat.

3. Makan sehat

Cukup menyantap sumber protein, karbohidrat, lemak sehat, dan beberapa porsi buah atau sayuran setiap kali makan. Tidak perlu membeli suplemen atau vitamin mahal hanya untuk tetap sehat.

4. Olahraga dari rumah

Tidak semua olahraga perlu dilakukan di gym yang butuh biaya untuk mendatanginya. Ada berbagai macam latihan gratis yang bisa dilakukan di rumah seperti spin, Zumba, pilates, atau barre.

5. Menari

Menari juga menjadi cara menyenangkan dan gratis untuk tetap bugar. Cukup putar musik favorit dan goyangkan badan. Banyak juga video tutorial menari di Youtube yang tentunya bisa diakses dengan cuma-cuma.

6. Aktif bergerak

Berbelanja, melipat cucian, menyapu, mengepel, mengambil paket, naik turun tangga, semuanya adalah aktivitas fisik yang penting. Aktif bergerak dalam menjalani kehidupan sehari-hari sama saja dengan menjaga kebugaran.

7. Cukup tidur

Tidur cukup dan berkualitas adalah hal sederhana dan gratis untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa cukup tidur bisa meningkatkan pemulihan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengontrol tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement