Kamis 06 Jan 2022 02:53 WIB

Sembilan Tip Fokus Sholat Meski tak Hafal Bacaan Surat Alquran

Ada makmum yang tak hafal bacaan Alquran saat sholat.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Sembilan Tips Fokus Sholat Meski Tak Hafal Bacaan Surat Alquran. Foto:  Muslim India melakukan shalat berjamaah. (ilustrasi)
Foto: Anadolu Agency
Sembilan Tips Fokus Sholat Meski Tak Hafal Bacaan Surat Alquran. Foto: Muslim India melakukan shalat berjamaah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Imam sholat biasanya akan memilih membaca surat - surat pendek Alquran saat membaca bacaan sholat. Namun sebagian dari mereka ada yang memilih untuk memanjangkan bacaan.

Jika makmum yang hafal biasanya akan fokus mengikuti. Namun bagaimana bagi makmum yang tidak hafal sehingga tidak fokus.

Baca Juga

Melansir laman aboutislam.net, terdapat sembilan tips agar makmum fokus meski belum menghafal surat panjang Alquran. 

Pertama, latih kesabaran dengan mendengarkan surat yang dibaca imam. Makmum juga dapat belajar untuk menghafal saat imam membaca surat panjang.

Kedua, memposisikan diri bahwa seakan-akan kita sedang benar-benar berada di hadapan Allah SWT. Ketiga, persiapkan shalat dengan memikirkan apa yang kita syukuri.

Keempat, pertimbangkan untuk mengenakan pakaian yang bagus dan bersih hanya untuk sholat. Kelima, luangkan waktu untuk mengingat kematian saat shalat.

Keenam,  berlindunglah kepada Allah dari setan sebelum memulai sholat. Ketujuh, jeda di akhir setiap ayat jika kita tahu di mana surat mulai dan berakhir.

Kedelapan, fokuskan matamu ketempat sujud. Kesembilan, Jika kesulitan dengan surat yang lebih panjang, tidak apa-apa. Kita dapat menghafal surat-surat pendek yang lebih mudah.

Sumber:

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/not-fluent-in-arabic-9-tips-to-keep-from-zoning-out-in-prayers/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement