Rabu 05 Jan 2022 16:38 WIB

UMP Bertekad Jadi Tiga Terbaik MBKM Jawa Tengah

Dalam program MBKM mahasiswa dapat belajar di manapun dan dengan siapapun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMP.
Foto: Dokumen.
Kampus UMP.

REPUBLIKA.CO.ID,   2022, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, menargetkan tiga terbaik program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP mengatakan, program MBKM merupakan upaya mendapat kompetensi. "Tahun ini UMP targetkan minimal menjadi tiga kampus terbaik MBKM di Jateng," ujar Ir Aman Suyadi saat menjadi undangan pembicara dalam study banding & Sharing Umsida, Rabu (5/1).

Aman menjelaskan, dalam program MBKM mahasiswa dapat belajar di manapun dan dengan siapapun. Tujuan MBKM yakni mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

"MBKM di UMP di antaranya membentuk Unit pengelola MBKM, menyusun peraturan tentang MBKM dan panduan Kurikulum dan SK format RPS, serta panduan pelaksanaan MBKM," ujarnya.

Adapun hal lainnya yakni menyusun SOP MBKM dan membentuk koordinator delapan kegiatan MBKM. Sosialisasi  kepada dekan, dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa, serta menyusun Sistem Informasi MBKM.

Sementara itu, Rektor UMP Dr Jebul Suroso dalam acara berbagi pengalaman pengelolaan perguruan tinggi di UMSIDA Sidoarjo mengatakan bahwa pada 2022 UMP akan fokus pada Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul dan mahasiswa baru.

"Langkah strategis UMP saat ini memprioritaskan reakreditasi prodi B menuju unggul dan menyiapkan konversi akreditasi A ke unggul dengan ISK," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement