Rabu 05 Jan 2022 18:00 WIB

Soal Polemik Kontrak Dembele, Xavi: Saya Hanya Bisa Menunggu

Xavi berharap Dembele bisa mengambil keputusan terkait perpanjangan kontraknya

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez memimpin sesi latihan terbuka tim di Stadion Camp Nou, di Barcelona, ??Spanyol, 03 Januari 2022.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Pelatih kepala FC Barcelona Xavi Hernandez memimpin sesi latihan terbuka tim di Stadion Camp Nou, di Barcelona, ??Spanyol, 03 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku masih menyimpan harapan terkait kelanjutan kiprah Ousmane Dembele di Blaugrana.

Kendati begitu, eks kapten Barcelona itu hanya bisa menunggu lantaran keputusan untuk bertahan di Barcelona sepenuhnya berada di tangan winger asal Prancis tersebut.

Xavi mengungkapkan sempat berbicara dan membujuk Dembele untuk bertahan di Barcelona dengan menerima perpanjangan kontrak. Menurut Xavi, klub asal Katalan itu adalah klub yang tepat buat pemain sayap berusia 24 tahun tersebut.

Xavi tidak yakin, Dembele akan menemukan proyek sepak bola yang lebih baik di klub lain. Namun, pelatih berusia 41 tahun itu agaknya tidak mau memaksa Dembele untuk tetap bertahan di Stadion Camp Nou.

Xavi pun berharap, Dembele bisa segera mengambil keputusan terkait polemik perpanjangan kontraknya bersama Blaugrana. ''Saya cukup tenang dan hanya bisa menunggu apa yang akan terjadi. Ini tidak tergantung pada saya, tapi pada klub, Dembele, dan agennya.”

“Saya sudah berkata padanya, saya menunggu usaha dan sikapnya. Saya harap, dia bisa berpikir panjang soal keputusan yang akan diambilnya, karena saya yakin, masa depannya ada di klub ini,'' tutur Xavi seperti dikutip Marca, Rabu (5/1/2022).

Kontrak eks winger Borussia Dortmund itu memang bakal habis pada akhir musim ini, atau pada 30 Juni 2022. Namun, baik Dembele dan manajemen Barcelona tidak kunjung mencapai kata sepakat soal kontrak baru.

Kabarnya, Dembele tidak mau menerima pemangkasan gaji dan justru berharap mendapatkan kenaikan gaji di kontrak anyarnya. Dengan krisis yang masih membelit keuangan klub, permintaan ini tentu tidak bisa dikabulkan oleh manajemen Barcelona.

Alhasil, pemain yang direkrut Barca dari Dortmund dengan banderol mencapai 105 juta euro pada 2017 itu berpeluang meninggalkan Barca dengan status free transfer pada akhir musim ini. Situasi kontrak Dembele di Barcelona ini pun kabarnya siap dimanfaatkan oleh klub-klub lain.

Chelsea dan Arsenal digadang-gadang siap menampung pemain yang disertakan di skuad Timnas Prancis kala merebut titel Piala Dunia 2018 tersebut. Meski direkrut Barcelona pada 2017 dengan nilai transfer selangit, Dembele bisa dibilang belum bisa memberikan kontribusi maksimal buat klub asal Katalan tersebut.

Selain kerap tersandung masalah kedisplinan, performa Dembele juga kerap terganggu cedera. Dembele bahkan mengawali musim ini dari ruang perawatan lantaran mengalami cedera lutut kemudian diikuti cedera hamstring.

Mantan winger Rennes itu tercatat baru tampil di delapan laga di semua ajang dan mengemas dua assist pada musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement