Rabu 05 Jan 2022 17:11 WIB

Ilmuwan Temukan Bintang Meledak dengan Kekuatan 1 Miliar Matahari

Peristiwa ledakan itu terjadi dalam sepersekian detik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Para astronom mendeteksi lubang hitam yang melahap bintang neutron. ilustrasi. Para ilmuwan baru-baru ini melaporkan sebuah bintang magnet yang padat meletus dengan hebat.
Foto: ligo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan baru-baru ini melaporkan sebuah bintang magnet yang padat meletus dengan hebat. Bintang itu memuntahkan energi sebanyak satu miliar matahari. Peristiwa itu terjadi dalam sepersekian detik.

Jenis bintang yang dikenal sebagai magnetar, adalah bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat. Magnetar sering menyala secara spektakuler dan tanpa peringatan.

Meskipun magnetar bisa ribuan kali lebih terang dari matahari kita, letusannya begitu singkat dan tidak dapat diprediksi sehingga menantang bagi ahli astrofisika untuk menemukan dan mempelajarinya.

Namun, para peneliti baru-baru ini berhasil menangkap salah satu suar ini dan menghitung osilasi dalam kecerahan magnetar saat meletus. Para ilmuwan menemukan bahwa magnetar melepaskan energi sebanyak yang dihasilkan matahari kita dalam 100.000 tahun dan itu terjadi hanya dalam 1/10 detik.

Dilansir dari Space, Rabu (5/1), sebuah bintang neutron terbentuk ketika sebuah bintang masif runtuh di akhir hidupnya. Saat bintang mati dalam supernova, proton dan elektron di intinya dihancurkan menjadi massa matahari terkompresi yang menggabungkan gravitasi intens dengan rotasi kecepatan tinggi dan kekuatan magnet yang kuat.

Hasilnya, sebuah bintang neutron, berukuran kira-kira 1,3 hingga 2,5 massa matahari- satu massa matahari adalah massa matahari kita, atau sekitar 330.000 Bumi-dijejalkan ke dalam bola yang berdiameter hanya 20 kilometer.

Magnetar adalah bintang neutron dengan medan magnet yang 1.000 kali lebih kuat dari bintang neutron lainnya. Magnetar lebih kuat daripada objek magnetik lainnya di alam semesta.