Rabu 05 Jan 2022 06:45 WIB

Drone yang Targetkan Pasukan AS di Baghdad Berhasil Digagalkan

Dua drone bermuatan bahan peledak ditembak jatuh oleh pertahanan udara Irak.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Drone. Ilustrasi
Foto: DEFENCE IMAGES
Drone. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,   BAGHDAD - Dua drone bermuatan bahan peledak ditembak jatuh oleh pertahanan udara Irak, Selasa (4/1).  "Dua pesawat tak berawak sayap tetap yang dilengkapi dengan bahan peledak terlibat dan dihancurkan oleh kemampuan pertahanan di pangkalan udara Ain al-Asad Irak pagi ini," kata pejabat koalisi militer internasional seperti dikutip laman Aljazeraa, Selasa (5/1).

"Upaya serangan itu tidak berhasil. Semua kekuatan diperhitungkan," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Pada Senin (3/1), serangan serupa digagalkan ketika pertahanan udara Irak menjatuhkan dua pesawat tak berawak awal. Pesawat tak berawak itu mendekati pangkalan yang menampung pasukan AS di dekat bandara internasional Baghdad.

Tidak ada  yang terluka dalam dua insiden ini dan tidak ada klaim tanggung jawab. Dua serangan ini terjadi ketika Iran dan sekutunya di Irak menandai peringatan kedua pembunuhan jenderal Iran Qassem Soleimani. AS memimpin koalisi militer internasional memerangi militan ISIS di Irak dan di Suriah.

Soleimani terbunuh pada 3 Januari 2020 dalam serangan pesawat tak berawak di dekat bandara Baghdad yang diperintahkan oleh presiden Donald Trump. Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan pada bahwa Trump harus diadili atas pembunuhan itu atau Teheran akan membalas dendam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement