Rabu 05 Jan 2022 06:30 WIB

Ukiran Batu Ungkap Gambaran Budaya Arab Paling Awal

Para sejarawan berhasil mengungkap seperti apa gambaran budaya Arab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi
Foto: Arab News
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH -- Para sejarawan berhasil mengungkap seperti apa gambaran budaya Arab dalam sebuah prasasti kuno di seluruh Jazirah Arab. Prasasti terebut berupa ukiran batu yang memberikan bukti awal kepercayaan agama dan pertunjukan ritual, serta rincian profesi, kerajinan dan mata uang.

Profesor sejarah kuno di Universitas King Saud di Riyadh Dr. Salma Hawsawi menyebut, mereka juga menyoroti profesionalisme dan keterampilan para pengukir. “Menulis adalah penemuan manusia. Ini adalah sarana untuk bertukar ide dan pengetahuan, serta mendiskusikannya di dalam masyarakat, terlepas dari kelas, kepercayaan dan sekte," kata dia dikutip di Arab News, Selasa (4/1).

Baca Juga

Informasi sejarah yang didapat dari prasasti tersebut dapat mencerminkan perasaan cinta, takut, rindu, sedih dan bahagia yang dirasakan masyarakat saat itu.

Hal ini lah yang menjadi alasan, mengapa prasasti dipandang sebagai saksi nyata dari apa yang dialami orang-orang pada masa itu, yang menyoroti kedalaman budaya kawasan tersebut.

 

Hawsawi lantas mengatakan, menulis dan mengukir sudah dianggap sebagai profesi. Secara umum, menulis menggambarkan tingkat peradaban dan pendidikan yang dicapai masyarakat Arab, juga menunjukkan peran menulis dalam kemajuan umat manusia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement