Rabu 05 Jan 2022 00:25 WIB

Ucapkan Doa ini Sebelum Tidur

Ucapkan doa ini sebelum tidur agar dosa-dosa kita mendapatkan ampunan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berdoa.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Berdoa.

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Ada banyak cara agar dosa-dosa kita mendapat ampunan dari Allah SWT.

Salah satunya seperti dalam riwayat Abu Said al-Khudri. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang hendak menuju tempat tidurnya, lalu mengucapkan اَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِى لَا اِلهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ, sebanyak tiga kali maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih di lautan, sebanyak bintang, sebanyak pasir yang terhampar, dan sebanyak hitungan waktu yang ada di dunia." (HR Tirmidzi)

Baca Juga

Doa tersebut artinya ialah "Aku memohon ampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain dia Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri sendiri aku bertaubat kepada-Nya."

Imam Shafi Al-Rahman Al-Mubarakfuri dalam penjelasannya terhadap hadits tersebut, menyampaikan, ucapan Nabi SAW dalam hadits itu mengandung pujian kepada Allah SWT dan permohonan kepada-Nya agar mendapat ampunan atas dosa-dosa.

 

Al-Mubarakfuri juga menjelaskan, hadits tersebut mengandung keutamaan yang agung dan mulia untuk memohon ampunan dengan mengucapkan dzikir sebagaimana yang tertuang dalam hadits itu sebanyak tiga kali. Walaupun, dosa-dosa yang telah dilakukannya tergolong berat dan tidak terhingga jumlahnya. Karena rahmat Allah SWT sangatlah luas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement