Selasa 04 Jan 2022 20:08 WIB

Tips Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang

Tak sedikit orang sulit kembali ke rutinitas setelah liburan tahun baru.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tips kembali semangat bekerja setelah libur panjang (ilustrasi).
Foto: Mgrol101
Tips kembali semangat bekerja setelah libur panjang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tidak sedikit orang yang biasanya merasa sulit untuk kembali ke rutinitas bekerja setelah menjalani liburan tahun baru. Banyak mengejar tugas tertunda, email yang belum dibaca, tenggat waktu cepat, dan lainnya, haru kembali dihadapi para pekerja.

Akan tetapi meluangkan waktu untuk merencanakan kembali bekerja setelah liburan dapat membantu membuat transisi agar bebas stres. Atau bahkan menghindari istilah populer, seperti post-vacation syndrome atau yang lebih dikenal dengan post-holiday blues.

Baca Juga

Kondisi itu biasanya dirasakan setelah menghabiskan waktu bersama keluarga, bersantai saat musim liburan. Gejala yang mungkin dialami seperti frustrasi, insomnia, energi rendah, kecemasan, dan kurang konsentrasi. Berikut beberapa tips yang bisa membantu, seperti dilansir di Indian Express, Senin (3/1/2022):

1. Tetapkan niat

Untuk sekadar menerima bahwa musim liburan sudah berakhir adalah pilihan niat yang bagus untuk memulai. Jangan menunda pekerjaan dengan mengerjakan pekerjaan rumah sampai waktu makan siang. Ini akan menunda kembalinya Anda ke mode kerja untuk jangka waktu yang lebih lama dan akan merasakan lebih banyak stres serta kecemasan.

2. Hapus rapat pagi pertama 

Menjadwalkan pertemuan pada pagi pertama bekerja, tidak hanya akan membebani Anda tetapi juga akan membuat Anda tidak saling mengenal. Orang merasa terkuras setelah lama, pertemuan berturut-turut mungkin hanya menyia-nyiakan hari pertama. Alih-alih pertemuan kelompok, terhubung dengan rekan kerja karena ini akan membantu untuk mengambalikan stamina bekerja.

3. Buat daftar

Habiskan satu atau dua jam pertama membuat daftar tugas untuk hari kerja. Rapikan meja, minum kopi dan air. Idealnya, hindari melihat email sampai memiliki daftar prioritas yang jelas untuk hari itu.

4. Jangan melebih-lebihkan

Sering kali, orang berpikir bahwa bekerja ekstra keras, hari yang ekstra panjang pada hari pertama atau kedua akan membawa mereka kembali ke rutinitas kerja sebelum liburan. Tapi, itu tidak sehat. Beri diri Anda kecepatan yang Anda butuhkan karena ini juga akan membantu menuai manfaat positif dan merasa segar selama liburan. Ini akan membantu Anda memulai pekerjaan dengan semangat baru sebagai lawan dari waktu istirahat yang dipenuhi rasa bersalah.

5. Jeda sebelum diet 

Beri diri sendiri waktu jeda sebelum melakukan diet. Orang sering melakukan banyak detoksifikasi pasca-liburan. Tetapi membatasi asupan makanan secara drastis saat Anda juga mencoba untuk kembali berkonsentrasi di tempat kerja bisa menjadi kondisi yang menyulitkan, bahkan menambah banyak stres. Jika berencana untuk mendaftar program penurunan berat badan, tundalah sedikit lebih lama dan beri diri waktu untuk menemukan ritme Anda lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement