Selasa 04 Jan 2022 20:01 WIB

Ronaldo dan Ekspansi Bisnis Digital

Ronaldo dan Peter Lim berkolaborasi dalam peluncuran ZujuGP

Rep: reja irfa widodo / Red: Muhammad Akbar
Newcastle United vs Manchester United, laga favorit Cristiano Ronaldo.
Foto: DOK REPUBLIKA
Newcastle United vs Manchester United, laga favorit Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Cristiano Ronaldo menjalin kerjasama bisnis dengan pengusaha asal Singapura, Peter Lim.

Keduanya berkolaborasi dalam peluncuran ZujuGP, sebuah platform digital berbasis komunitas yang diklaim dapat menjadi penghubung antara pendukung sepak bola di belahan dunia Timur dan Barat.

Baca Juga

Dalam sebuah unggahan di akun instagramnya, yang dilansir Mirror, Ronaldo terlihat berjabat tangan begitu erat dengan Peter Lim.

Tidak hanya itu, dalam unggahan terakhirnya soal peluncuran ZujuGP, pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu juga menggambarkan soal ZujuGP.

''Akhirnya, Timur dan Barat benar-benar bisa terhubung secara langsung. Hal ini semakin membuat saya bahagia,'' tulis Ronaldo di salah satu unggahannya di akun instagramnya seperti dilansir Bloomberg, Selasa (4/1/2022).

ZujuGP merupakan platform digital yang terkait dengan sepak bola, teknologi, dan jejaring sosial. Nantinya, platform digital ini diharapkan bisa mendorong komunikasi dan perdagangan antara empat miliar fans sepak bola di dunia.

Mulai dari menonton pertandingan secara langsung, membeli merchandise tim ataupun pemain idola, hingga berinteraksi langsung dengan pemain favorit.

Tidak hanya itu, platform ini juga diklaim memudahkan para pemilik klub, agen pemain, ataupun tim pemandu bakat untuk menemukan dan mengembangkan pemain-pemain berbakat.

Pengguna ZujuGP bisa menggunakan uang tunai untuk membeli kredit di platform tersebut, yang bisa digunakan untuk berinteraksi dalam pertandingan sepak bola secara langsung.

Kerjasama Ronaldo dengan Peter Lim ini bisa dibilang sebagai kerjasama lanjutan antara keduanya. Sebelumnya, lewat perusahaannya, Mint Media, Peter Lim mengakuisisi 50 persen dari hak citra dari Ronaldo.

Pada saat itu, mantan bintang Juventus dan Real Madrid itu yakin, Lim bisa meningkatkan paparan citra Ronaldo, sebagai sebuah brand, di kawasan Asia.

''Dia juga teman baik, yang telah saya kenal cukup lama. Saya yakin, dia dapat menjadi rekanan dan bisa menambahkan nilai-nilai yang luar biasa dalam brand yang saya bangun,'' tutur Ronaldo seperti dikutip Mirror beberapa waktu lalu.

Lim bukanlah sosok asing di kancah industri sepak bola Eropa. Pria yang mengawali bisnis sebagai pialang saham itu pemilik klub asal Spanyol, Valencia. Lim memiliki 83 persen klub berjuluk Los Che tersebut.

Tidak hanya itu, Lim juga diketahui bekerjasama dengan mantan penggawa Manchester United, yang dikenal dengan class of'92. Gary Neville, Phil Neville, Ryan Giggs, Paul Scholes, David Beckham, dan Nicky Butt, bekerjasama dengan Lim dalam mengakusisi Salford City, yang tampil di League Two, pada 2014 silam.

Lim memiliki 40 saham Salford City, sementara enam mantan penggawa United masing-masing memiliki 10 saham di klub tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement