Selasa 04 Jan 2022 16:45 WIB

Pratama Arhan, Senjata Timnas Indonesia untuk Masa Depan Cerah

Salah satu efek instan lemparan khas Arhan adalah di final leg kedua kontra Thailand.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (kedua kanan) berusaha masuk ke pertahanan lawan dengan dibayangi pesepak bola Timnas Singapura Zulqarnaen Suzliman (kedua kiri) dalam pertandingan Semi Final Leg 2 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021).
Foto: ANTARA/Humas PSSI
Pesepak bola Timnas Indonesia Pratama Arhan (kedua kanan) berusaha masuk ke pertahanan lawan dengan dibayangi pesepak bola Timnas Singapura Zulqarnaen Suzliman (kedua kiri) dalam pertandingan Semi Final Leg 2 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Penggawa timnas sepak bola Indonesia, Pratama Arhan resmi terpilih menjadi pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Ia dianggap memegang peran penting untuk membawa timnya ke final kompetisi tingkat Asia Tenggara itu. 

Dilansir dari laman resmi Piala AFF 2020, Arhan mendapat perolehan suara sebanyak 60.112 sekaligus menjadi yang terbanyak dari pemain lainnya. Pemuda berusia 20 tahun itu menjadi salah satu kandidat bersama rekan di timnas Indonesia, yakni Witan Sulaeman dan Alfreanda Dewangga yang masuk ke dalam daftar lima besar bersama Thanawat Suengchittawon (Thailand) dan Sieng Chanthea (Kamboja). 

Baca Juga

Arhan juga menjadi salah satu penentu kemenangan Indonesia melawan tuan rumah Singapura karena mencetak gol penyeimbang ketika skuad Garuda sempat tertinggal 1-2 di babak kedua. 

Performa impresif lain yang mencuri perhatian adalah saat Indonesia melawan Malaysia di partai pamungkas Grup B. Kala itu, Arhan menyumbang dua gol untuk kemenangan 4-1 kontra negara tetangga itu. 

Ini merupakan debut perdana Arhan di kompetisi internasional bersama timnas sepakbola Indonesia senior. Selama merumput di Piala AFF, ia membukukan 80 persen tekel, 76 persen operan sukses dari total 178 umpan yang dibukukan. 

Arhan merupakan salah satu pemain yang mendapat kepercayaan penuh dari pelatih karena mencatat enam starter dari total delapan pertandingan. Ia hanya pernah absen dua kali saat Indonesia menang 5-1 atas Laos di babak penyisihan Grup B dan di final leg pertama kontra Thailand. 

Pemain PSIS Semarang itu memiliki kemampuan lemparan bola ke dalam yang apik sehingga beberapa kali menghadirkan peluang untuk Indonesia sekaligus mengancam pertahanan lawan. 

Memang lemparan bola Arhan tidak membuahkan assist untuk Merah-Putih di gelaran Piala AFF. Namun berkat itu, timnya mendapatkan beberapa kali sepakan pojok yang membahayakan pertahanan lawan. 

Salah satu efek instan lemparan khas Arhan adalah di final leg kedua kontra Thailand. Berawal dari bola throw-in yang dieksekusi Arhan, Witan Sulaeman berhasil memberi umpan matang kepada Egy Maulana Vikri yang menggiring dan melesakkan bola ke skuad Gajah Perang.

Kemampuan bek berusia 20 tahun itu dalam melempar bola sudah dikenal sejak membela timnas Indonesia U-19 dalam pemusatan latihan nasional di Kroasia, 2020 lalu. Dalam sebuah pertandingan ujicoba kontra Qatar, lemparan bola Arhan menjadi assist bagi gol Saddam Gaffar. 

Pemuda kelahiran Blora, 21 Desember 2001 itu sempat mengaku bahwa sengaja melatih lemparan bola sebagai salah satu usaha menyusun serangan. Meski berposisi sebagai bek kiri, dirinya sadar bahwa setiap pemain memiliki tugas masing-masing untuk mencetak angka. 

Performa apik Arhan di Piala Menpora 2021 bersama PSIS membawa namanya dipanggil timnas senior Indonesia. Ia mencatat debutnya untuk skuad Garuda pada 25 Mei 2021. 

Perlahan tapi pasti, Arhan mampu menjaga kualitasnya dan dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong ke dalam rombongan Piala AFF 2020 yang bertabur bintang muda. Ia tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan menjelma menjadi jadi senjata rahasia tim. 

Kualitas Arhan mendapat pengakuan dari penyelenggara Piala AFF 2020 yang menyebut dirinya berhasil menunjukkan performa apik. Padahal, Arhan baru pertama kali merumput di kompetisi dua tahunan tingkat Asia Tenggara tersebut. 

"Meski baru debut di timnas Indonesia, Pratama Arhan yang relaitf belum dikenal di Asia Tenggara sukses menampilkan atribut lengkap sepanjang Piala AFF 2020," bunyi pernyataan itu.

"Pratama Arhan memberikan ancaman nyata untuk pertahanan lawan di sayap kiri." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement