Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Tiga Ayat Alquran tentang Malaikat yang Wajib Diimani

Selasa 04 Jan 2022 11:15 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Tiga Ayat Alquran tentang Malaikat yang Wajib Diimani

Tiga Ayat Alquran tentang Malaikat yang Wajib Diimani

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Mukjizat malaikat yang berhubungan langsung dengan manusia telah berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malaikat melakukan tugas yang diberikan oleh Tuhan, tidak terlihat dan tidak kita ketahui. Tidak mungkin kita bisa berbicara dengan mereka atau mencari bantuan mereka yang membutuhkan, juga tidak ada catatan yang dapat dipercaya tentang hal-hal seperti itu yang terjadi.

Tetapi para malaikat telah berkomunikasi dengan para nabi yang telah menerima wahyu ilahi juga. Kadang-kadang mereka muncul di hadapan mereka dalam bentuk manusia. Namun, ini adalah hak istimewa kenabian, yang tidak dapat kita cita-citakan sebagai manusia biasa.

Baca Juga

Mukjizat malaikat yang berhubungan langsung dengan manusia telah berakhir seperti halnya zaman para nabi. Penting juga untuk dicatat kita tidak memiliki hak memanggil makhluk gaib apakah malaikat, jin, atau jiwa yang sudah mati untuk membantu kita. Karena hanya Allah SWT yang dapat menolong kita.

Melansir laman About Islam, terdapat banyak ayat Alquran yang mengisahkan tentang malaikat. Tiga ayat diantaranya,

Pertama, Ar-Ra'd ayat 11

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

Kedua, Fatir ayat 13-14

يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ ۚ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِنْ قِطْمِيرٍ.إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ ۚ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ

Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, milik-Nya-lah segala kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.

Jika kamu menyeru mereka, mereka tidak mendengar seruanmu, dan sekiranya mereka mendengar, mereka juga tidak memperkenankan permintaanmu. Dan pada hari Kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu seperti yang diberikan oleh (Allah) Yang Mahateliti.

Ketiga, Al Infitar ayat 10-12

وَإِنَّ عَلَيْكُمْ لَحَافِظِينَ.كِرَامًا كَاتِبِينَ.يَعْلَمُونَ مَا تَفْعَلُونَ

Dan sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan yang mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/jinn-angels-help-humans/

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA