Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Meminta Pertolongan kepada Manusia

Selasa 04 Jan 2022 13:00 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Meminta Pertolongan Kepada Manusia. Foto ilustrasi:  Asisten instruktur Basarnas menunjukan teknik pertolongan dengan cara tarikan selimut saat bimbingan teknik pembinaan potensi dasar pertolongan pertama bagi potensi SAR di Kantor Basarnas Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (22/3/2021). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kemampuan keterampilan dalam menolong korban pertama pada kasus gawat darurat tingkat dasar pada kecelakaan kepada 30 orang potensi SAR khusus daerah pesisir di Sulawesi Tenggara.

Meminta Pertolongan Kepada Manusia. Foto ilustrasi: Asisten instruktur Basarnas menunjukan teknik pertolongan dengan cara tarikan selimut saat bimbingan teknik pembinaan potensi dasar pertolongan pertama bagi potensi SAR di Kantor Basarnas Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (22/3/2021). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kemampuan keterampilan dalam menolong korban pertama pada kasus gawat darurat tingkat dasar pada kecelakaan kepada 30 orang potensi SAR khusus daerah pesisir di Sulawesi Tenggara.

Foto: JOJON/ANTARA
Manusia diperbolehkan untuk meminta pertolongan kepada orang lain.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Manusia diperbolehkan untuk meminta pertolongan kepada orang lain dalam perkara yang mampu dilakukan oleh orang itu sendiri. Hal ini telah disebut oleh Allah Ta'ala dalam firman-Nya.

Dikutip dari buku Ambilah Aqidahmu dari Alquran dan As-sunnah yang shahih yang difahami Shahabat Radhiyallahu Anhuma, manusia dibolehkan meminta pertolongan dari mereka yang hidup, dalam hal-hal yang mereka mampu melakukannya. Allah Ta'ala berfirman 

Baca Juga

...وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ...

"... Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa..." (QS Al-Maidah ayat dua).

Dan Nabi ﷺ bersabda,

والله في عون العبد ما كان العبد في عن أخيه

"Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya." (HR Muslim)

Dan selain dari hal tersebut, maka manusia wajib hanya meminta pertolongan kepada Allah Ta'ala. Dalilnya adalah firman Allah,

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

"Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (QS. Al-Fatihah ayat lima).

Dan Nabi ﷺ bersabda,

إذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله 

"Bila kamu meminta, maka mintalah kepada Allah, dan bila kamu minta pertolongan, maka mintalah pertolongan kepada Allah" Hasan sahih, diriwayatkan oleh At-Tirmidzi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA