Senin 03 Jan 2022 21:30 WIB

SAR Cilacap Evakuasi Tiga Orang Terjepit Truk Tangki

Dua orang yang terjepit dinyatakan meninggal dunia.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas mengevakuasi truk tangki yang mengalami kecelakaan (ilustrasi)
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Petugas mengevakuasi truk tangki yang mengalami kecelakaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kecelakaan lalu lintas terjadi di Desa Maos Kidul Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang terjepit truk tangki yang sedang membawa bahan bakar solar.

Berdasarkan informasi dari anggota Polsek Maos, pada Senin (3/1) Pukul 12.00 WIB telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan tiga orang terjepit badan truk yang masih membutuhkan penanganan khusus dari Tim SAR.

Baca Juga

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, dari informasi tersebut, Tim SAR langsung memberangkatkan satu regu untuk berangkat ke lokasi kejadian "Proses evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk mengangkat kondisi korban yang terjepit di truk," ujar Nyoman, Senin (3/1)

Korban dievakuasi dengan dibantu oleh tiga crane, satu excavator, dua mobil pemadam kebakaran dan mobil ambulans yang sudah stand by di lokasi kejadian. Tim SAR juga menyediakan alat ektrikasi atau alat pemotong beton, baja dan lifiting bag untuk membantu mengangkat badan truk tersebut. Kemudian setelah badan truk sudah sedikit terangkat oleh dua crane, Tim SAR langsung menarik dan mengevakuasi kedua korban tersebut dan dibawa ke RS Pricilia Sampang Cilacap.

Proses evakuasi korban ketiga yang terjepit dan tertindih bagian depan truk tangki juga dievakuasi oleh kedua crane tersebut. Kemudian korban yang berhasil dievakuasi langsung dibawa ke RS Pricilia Sampang Cilacap.

Sesuai keterangan dari pihak RS, kedua korban dinyatakan meninggal dunia atas nama Sudiarti istri dari Carik Desa Penisihan Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap. Korban kedua bernama Fajar Maghfuri (18 tahun) Warga Jalan Manggis RT 03 RW 04 Desa Menganti Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Sedangkan korban yang selamat bernama Suryati Warga RT 03 RW 05 Desa Cindaga Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas.

"Kita hanya fokus pada evakuasi korban dan setelah korban semua berhasil kita evakuasi untuk Operasi SAR Kecelakaan lalu lintas dengan penanganan khusus dinyatakan ditutup dan untuk kronologi atau data kendaraan kita serahkan seluruhnya ke pihak kepolisian," ujar Nyoman.

Unsur SAR Gabungan terdiri dari Basarnas Kantor SAR Cilacap, Polsek Maos, Koramil Maos, Bpbd Cilacap, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Pertamina Cilacap, Mdmc, Pemuda Pancasila, IPCI, Puskesmas Maos, RS Pricilia Sampang dan instansi terkait dan di bantu warga sekitar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement