Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Kota Malang Soft Launching Mal Pelayanan Publik Merdeka

Senin 03 Jan 2022 17:14 WIB

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad

Pemerintah Kota Malang melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Malang, Senin (3/1).

Pemerintah Kota Malang melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Malang, Senin (3/1).

Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Seluruh masyarakat di Kota Malang berhak mendapatkan layanan terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Pemerintah Kota (Pemkot) Malang baru saja melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka di Alun-Alun Mall Lantai 3, Senin (3/1). Di fasilitas ini setidaknya ada 14 tenant yang memberikan 180 layanan untuk masyarakat.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan, keberadaan MPP Merdeka ini bertujuan agar pelayanan untuk masyarakat bisa berjalan efisien dan efektif. Fasilitas ini juga bertujuan untuk memberikan beberapa kemudahan dalam mengurus sejumlah hal. "Baik itu yang melaksanakan layanan atau yang dilayani, kita ini tidak ada tebang pilih," kata pria berkacamata ini kepada wartawan di Kota Malang, Senin (3/1).

Baca Juga

Di samping itu, keberadaan MPP Merdeka juga merupakan bentuk komitmen Pemkot Malang untuk transparansi. Dengan kata lain, seluruh masyarakat di Kota Malang berhak mendapatkan layanan terbaik. Sebab itu, Sutiaji menilai keberadaan MPP itu penting, apalagi Pemkot Malang telah mendapatkan surat rekomendasi dari pemerintah pusat untuk bisa mengadakan MPP.

"Maka waktu itu di tahun 2020 sudah (diadakan) tapi kena refocusing di tahun 2021 sepertiga yang kita anggarkan. Tapi nanti setelah itu baru kita lengkap dari (rencana) jumlah 400 perizinan dan nonperizinan," ungkapnya.

Dengan adanya MPP, Sutiaji berharap, masyarakat untuk tidak perlu khawatir mengenai pelayanan di Kota Malang. Seluruh komponen masyarakat dipastikan akan mendapatkan kemudahan dan pelayanan terbaik dari Pemkot Malang dan sejumlah instansi. Apalagi pihaknya juga berencana untuk memasang sejumlah kamera CCTV di KPP Merdeka.  "Jadi nanti orang masyarakat melalui media sosial bisa melihat (melalui CCTV) misalnya ini nggak baik. Ini bisa langsung mengcounter kalau ada yang tidak baik," ucapnya.

Fatati Nadia Fasya merupakan salah satu warga Kota Malang yang berkesempatan mendapatkan pelayanan di MPP Merdeka. Perempuan yang disapa Fasya ini mencoba mengurus KTP di salah satu tenant.

Semula, Fasya tidak mengetahui ada layanan pengurusan KTP di MPP Merdeka. Dia mengira layanan ini dilakukan di Dinas Dukcapil Kota Malang. Namun dia justru diminta untuk mengurus KTP di MPP Merdeka yang berada di Mal Ramayana Lantai 3. Berdasarkan pengalamannya mengurus KTP di MPP, Fasya mengaku, sangat puas. "Cepat aslinya belum pernah kayak gini, ini cepat banget," kata dia menambahkan.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA