Senin 03 Jan 2022 15:51 WIB

Agama Menjauhkan yang Menyulitkan Manusia

Prinsip agama adalah memudahkan, menjauhkan kesukaran dan segala hal yang menyusahkan

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Surah Al-A'raf Ayat 199 dan tafsirnya dijelaskan bahwa prinsip agama adalah memudahkan, menjauhkan kesukaran dan segala hal yang menyusahkan manusia. Sehubungan dengan itu, dalam ayat ini Allah menyeru agar manusia menjadi pemaaf dan mengajak orang-orang berbuat kebaikan.

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَاَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِيْنَ

Baca Juga

Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh. (QS Al-A'raf: 199)

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, dalam ayat ini Allah memerintahkan Rasul-Nya, agar berpegang teguh pada prinsip umum tentang moral dan hukum. Pertama, sikap pemaaf dan berlapang dada, Allah SWT menyuruh Rasul-Nya agar beliau memaafkan dan berlapang terhadap perbuatan, tingkah laku dan akhlak manusia, dan janganlah beliau meminta dari manusia apa yang sangat sukar bagi mereka sehingga mereka lari dari agama.

Sabda Rasulullah SAW, "Mudahkanlah, jangan kamu persulit dan berilah kegembiraan, jangan kamu susahkan." (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa dan Muadz)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement