Senin 03 Jan 2022 06:58 WIB

Ini Tokoh Publik Paling Banyak Ditanggapi Netizen di Instagram

Ada 10 tokoh publik berdasarkan survei I2 yang paling banyak ditanggapi netizen.

Ini Tokoh Publik Paling Banyak Ditanggapi Netizen di Instagram. Foto:   Foto: ilustrasi Instagram
Foto: Wallpaper Flare
Ini Tokoh Publik Paling Banyak Ditanggapi Netizen di Instagram. Foto: Foto: ilustrasi Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang disukai generasi milenial dunia, termasuk Indonesia.  Hasil riset Indonesia Indicator (I2),  sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI) mencatat, ada 10 nama tokoh publik yang paling berpengaruh di platform media sosial yang, menurut Statista, digunakan 94,2  juta penduduk Indonesia itu.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan menggunakan Intelligence Socio Analytics (ISA) pada 1 Januari 2021 – 21 Desember 2021, Indonesia Indicator (I2) menobatkan Raffi Ahmad-Nagita Slavina melalui akun @raffinagita1717 sebagai Tokoh Publik Paling Berpengaruh 2021 di Instagram.  Sepanjang satu tahun terakhir,  pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina  mendapatkan 142.840.622 engagement (tingkat tanggapan netizen).

Baca Juga

 “Akun @raffinagita1717 milik pasangan Raffi-Nagita ini senang membagikan momen bersama keluarga, teman, dan tokoh publik lainnya, mempromosikan produk-produk yang bekerja sama, serta informasi acara yang akan dihadiri, termasuk di antaranya saat acara vaksin bersama Presiden Jokowi di istana mendapatkan respons terbanyak, ” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika dalam keterangan persnya, Senin (3/1). 

Postingan tentang keseharian Rafathar anak sulung atau saat Mama Gigi ngerjain baby Rayyanza, bertemu dengan tokoh-tokoh olahraga, isi dompet Rafi tahun 2004, peristiwa hamil dan melahirkan Gigi, hingga ulang tahun nenek, menjadi beberapa postingan yang paling disukai netizen Instagram. Kontennya seringkali menghibur, sekaligus menginspirasi. 

Tokoh Publik Paling Berpengaruh 2021 kedua di Instagram adalah Ria Ricis. Pemilik akun @riaricis1795 itu mendapatkan 71.502.212 juta engagement.  Menurut Rustika, Ria Ricis merupakan publik figur yang senang membagikan momen bersama suami, memposting tingkah laku lucu dan aneh, senang mengadakan giveaway serta mempromosikan produk-produk yang bekerja sama. Postingan terkait pemandangan alam, keseharian, gaya berbusana Ria yang fashionable dengan jilbabnya, gayanya yang natural, serta kedekatan dengan sang kekasih yang akhirnya berlanjut menjadi suami – menjadi idola bagi banyak netizen. 

“Posisi ketiga Tokoh Paling Berpengaruh 2021 di Instagram ditempati Presiden Joko Widodo melalui akun @jokowi,” ungkap Rustika. Akun Instagram Presiden Jokowi sepanjang 2021 mendapatkan 58.262.790 engagement. “Akun Presiden Indonesia ini aktif membagikan kegiatan saat bertemu dengan warga serta momen pertemuan dengan tokoh-tokoh penting. Apalagi momen ketika Indonesia memenangkan emas baik di olimpiade dan paralimpiade, netizen menyatu dalam suasana kebanggaan yang luar biasa,” kata dia. Meski demikian, postingan bersama sang cucu Jan Ethes atau Sedah Mirah merupakan beberapa postingan yang mendapat engagement tertinggi. 

Atta Halilintar pemilik akun @attahalilintar berada di posisi keempat Tokoh Paling Berpengaruh di Instagram.  Sepanjang 2021, menurut Rustika, suami Aurel Hermansyah itu mendapatkan 58.262.790 engagement. “Youtuber ini senang membagikan momen bersama keluarga, momen berbagi dengan sekitar serta momen saat berkolaborasi dengan publik figur lain di konten Youtube, termasuk ber-tiktok ria dengan istrinya, ” ujar Rustika. Di dalam akun Instagramnya, Atta juga sering berbagi melalui Jumat Berkah dengan cara yang menarik. 

Peringkat kelima Tokoh Publik Paling Berpengaruh di Instagram ditempati Baim Wong. Aktor serta Youtuber pemilik akun @baimwong itu, kata Rustika, banyak menggunakan laman Instagramnya untuk terutama untuk berbagi kebahagiaan, keseruan, keseharian, dengan keluarga kecilnya. Latarnya lebih banyak dipenuhi dengan beragam ekspresi anak-anaknya dengan berbagai gaya, termasuk juga dengan istrinya yang juga seorang selebritis, Paula Verhoeven, bahkan juga saat mempromosikan produk yang bekerja sama. Ia juga senang mengadakan giveaway, serta mengajak untuk bersedekah dan membagikan momen saat berbagi dengan orang lain. Satu tahun terakhir, akun Instagram Baim mendapatkan 52.112.164 engagment.

Aktor dan presenter Ruben Onsu menempati peringkat keenam. Pemilik akun @ruben_onsu itu, cukup aktif mempromosikan produk jualannya, membagikan momen di acara yang diikuti bersama para bintang tamu, serta momen bersama keluarga kecilnya. “Akun milik Ruben mendapat 37.989.919 engagment,” kata Rustika.

Posisi ketujuh Tokoh Publik Paling Berpengaruh di Instagram diduduki penyanyi asal Cianjur, Jawa Barat, Lestiani Andriyani. Pemilik  akun @lestykejora ini mendapatkan 36.120.368 engagement selama 2021.  Menurut Rustika, istri Rizky Bilar itu senang membagikan momen romantis bersama pasangan yang menjadi sorotan netizen, aktif mempromosikan produk yang bekerja sama, serta menginformasikan acara yang dihadiri.

Tokoh Publik Paling Berpengaruh ke delapan di Instagram ditempati oleh Najwa Shihab. Jurnalis pemilik akun @najwashihab itu mendapatkan 34.788.852 engagement sepanjang satu tahun terakhir.  “Publik figur ini aktif membagikan cuplikan dari narasi TV dengan isu–isu nasional, berbagi informasi tentang keseharian dan penanganan Covid-19, seperti misalnya isu soal micin (penyedap masakan). Selain itu, Najwa juga sering berbagi informasi untuk saling bantu sesamanya, termasuk informasi Celengan Beasiswa Narasi, ini yang membuat postingan Najwa selalu ditunggu, selain karena pilihan kata-katanya yang selalu menarik perhatian,”tutur Rustika. Tidak hanya itu, Najwa juga selalu bergaya anak muda, energik, sesekali bicara tentang kesehariannya, tentang rambut barunya, tentang aktivitas lari pagi-nya, dan acap menyelipkan puisi-puisi cinta di postingannya.

Peringkat Sembilan Tokoh Paling Berpengaruh di Instagram diduduki Feliciya Angelista. Pemilik akun @felicyangelista_ itu meraih 29.510.718 engagement sepanjang 2021. Menurut Rustika, Publik figur ini cukup aktif membagikan momen romantis bersama pasangan, konten TikTok miliknya, serta mempromosikan bisnisnya di bidang kecantikan.

Aktris Prilly Latuconsina tercatat berada di posisi ke-10 Tokoh Publik Paling Berpengaruh di Insstagram.  Pemilik akun @prillylatuconsina96 itu meraup 27.709.308 engagement pada satu tahun terakhir. Menurut Rustika, Prilly  sangat aktif mempromosikan film atau seri projek yang tengah diperankan, mempromosikan produk-produk dari bisnis yang dimiliki, serta membagikan beberapa kegiatan yang dilakukan. 

10 Tokoh Publik Paling Berpengaruh 2021 di Instagram versi Indonesia Indicator

 1.     Raffi & Nagita 142.840.622

2.     Ria Ricis 71.502.212

3.     Presiden Joko Widodo 58.718.586

4.     Atta Halilintar 58.262.790

5.     Baim Wong 52.112.164

6.     Ruben Onsu 37.989.919

7.     Lestiani Andryani 36.120.368

8.     Najwa Shihab 34.788.852

9.     Fellicya Angelista 29.510.718

10. Prilly Latuconsina 27.709.308

Keterangan: Dihitung dengan formula engagement atau tingkat tanggapan netizen

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement