Senin 03 Jan 2022 01:27 WIB

China Rilis Foto Terbaru Mars dari Misi Tianwen-1

Gambar itumenunjukkan topografi permukaan Mars.

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih
Tepat pada 1 Januari 2022, China merilis sejumlah foto planet Mars hasil yang merupakan buah dari Misi Tianwen-1
Foto: cnsa
Tepat pada 1 Januari 2022, China merilis sejumlah foto planet Mars hasil yang merupakan buah dari Misi Tianwen-1

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Tepat pada 1 Januari 2022, China merilis sejumlah foto planet Mars hasil yang merupakan buah dari Misi Tianwen-1. Gambar itu diambil dan dikirim oleh perangkat yang digunakan dalam misi tersebut.

Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) mengatakan, gambar-gambar itu menunjukkan berbagai kondisi kerja pengorbit dan rover probe, serta topografi permukaan Mars yang diperoleh oleh alat-alat tersebut.

Baca Juga

"Gambar-gambar tersebut termasuk foto grup pengorbit dan Mars, close up pengorbit, lapisan es di area kutub utara Mars, dan lanskap permukaan yang diambil oleh rover Zhurong," kata CNSA sebagaimana dilaporkan Xinhua News Agency, Sabtu (1/12).

Misi Tianwen-1 China adalah misi antariksa yang terdiri atas pengorbit, pendarat, dan penjelajah Mars yang diluncurkan China pada 23 Juli 2020. Pendarat berhasil mendarat di bagian selatan Utopia Planitia, sebuah dataran luas di belahan utara Mars, pada 15 Mei.

Setelah pendaratan berhasil, giliran alat penjelajah bernama Zhurong melaju di atas permukaan Mars. Zhurong melaju turun dari platform pendaratannya ke permukaan Mars pada 22 Mei.

Menurut CNSA, per 31 Desember 2021, Zhurong telah bekerja di permukaan Planet Merah selama 225 hari Mars dan melakukan perjalanan 1.400 meter. Sedangkan pengorbit Tianwen-1 telah bekerja di orbit selama 526 hari pada jarak sekitar 350 juta km di atas Bumi.

Masih menurut CNSA, Misi Tianwen-1 sedang melaksanakan tugas eksplorasi dan pengujian yang direncanakan memperoleh sekitar 560 gigabyte (GB) data. Kini, pengorbit dan penjelajah dalam kondisi baik dan beroperasi secara normal.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement