Ahad 02 Jan 2022 19:33 WIB

Produser Film The Beatles Denis O'Dell Meninggal Dunia

Denis O'Dell, produser film-film The Beatles meninggal dunia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Agung Sasongko
Mural The Beatles di area Baltic Triangle, Liverpool, Inggris. Film dokumenter The Beatles, Get Back, tayang di Disney +.
Foto: EPA
Mural The Beatles di area Baltic Triangle, Liverpool, Inggris. Film dokumenter The Beatles, Get Back, tayang di Disney +.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Denis O'Dell, produser yang terkenal karena karya pada film-film yang dibintangi The Beatles, telah meninggal pada usia 98 tahun. Ia meninggal karena sebab alami di rumahnya di Almería, Spanyol, pada Kamis 30 Desember. Informasi itu dikonfirmasi putranya, Arran, kemarin (1/1).

Menengok dunia film pada tahun 1940-an, O'Dell mengumpulkan katalog yang mengesankan yang menampilkan hits seperti “It's A Wonderful World” (1956), “Tread Softly Stranger” (1958) dan “The Playboy Of The Western World” (1962). Dia pertama kali bergabung dengan The Beatles pada tahun 1964, meningkatkan produksi A Hard Day's Night sebagai associate producer.

Baca Juga

Kemitraannya dengan The Beatles berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang. Pada tahun 1967, O'Dell dan The Beatles berkolaborasi dalam film “Magical Mystery Tour” yang dibuat untuk TV. Dia bekerja erat dengan grup tersebut sebagai produser film, dan setelah dirilis pada bulan Desember 1967, dicap oleh Apple Corps sebagai salah satu dari empat pemimpinnya di luar The Beatles.

O'Dell juga menjadi teman baik The Beatles. Namanya diabadikan dalam lagu “You Know My Name (Look Up The Number)” (1970), salah satu lagu terakhir yang pernah dibuat The Beatles. Kemudian penggemar The Beatles mengartikan judul lagu secara harfiah, melacak nomor pribadi O'Dell dan meneleponnya setiap saat sepanjang hari.

“Ada begitu banyak yang menghubungi, istri saya mulai kewalahan. Tak satupun dari kami tahu mengapa ini tiba-tiba terjadi. Kemudian saya kebetulan berada di suatu hari Minggu dan mengangkat telepon sendiri. Seseorang di LSD menelepon dari pabrik pembuat lilin di Philadelphia dan mereka terus berkata, You Know My Name and Look Up The Number,” kata O’Dell dalam wawancaranya terdahulu seperti dilansir dari NME, Ahad (2/1).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement