Ahad 02 Jan 2022 19:12 WIB

Universitas BSI Jembatani Siswa SMK ke Dunia Industri Melalui Prakerin

PKL sudah bukan hal baru bagi siswa SMK dalam melengkapi materi sekolah.

-Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki cita-cita mencerdaskan sebanyak-banyaknya anak bangsa.  Hal itulah yang membuat beberapa SMK di Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) menjalin kerja sama dengan Universitas BSI kampus Purwokerto guna membahas Prakerin (Praktik Kerja Industri) atau juga sering disebut dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan).
Foto: istimewa
-Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki cita-cita mencerdaskan sebanyak-banyaknya anak bangsa. Hal itulah yang membuat beberapa SMK di Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) menjalin kerja sama dengan Universitas BSI kampus Purwokerto guna membahas Prakerin (Praktik Kerja Industri) atau juga sering disebut dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) merupakan Perguruan Tinggi yang memiliki cita-cita mencerdaskan sebanyak-banyaknya anak bangsa.

Hal itulah yang membuat beberapa SMK di Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) menjalin kerja sama dengan Universitas BSI kampus Purwokerto guna membahas Prakerin (Praktik Kerja Industri) atau juga sering disebut dengan PKL (Praktik Kerja Lapangan).  

Baca Juga

Menurut kepala kampus Universitas BSI kampus Purwokerto, Chandra Kesuma mengatakan bahwa, PKL sudah bukan hal baru bagi siswa SMK dalam melengkapi materi sekolah.

“Dimana setiap siswa diminta terjun langsung ke lapangan, berbaur dengan industri dan masyarakat, guna ikut melihat serta merasakan menjadi bagian industri tersebut,” ujar Chandra, Ahad (2/1).

Lanjutnya, tak hanya mengenai PKL saja, tetapi juga terdapat aspek kolaborasi sekolah dan Universitas BSI guna menjalankan kegiatan bersama yang tentunya memberikan manfaat satu sama lain. Dalam hal PKL, biasanya siswa ditempatkan sesuai dengan jurusannya di sekolah.

“Seperti jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), Multimedia, RPL (rekayasa perangkat lunak) dan sebagainya. Tak sampai disitu saja, mereka juga dibekali pelatihan di Universitas BSI kampus Purwokerto berupa desain grafis, serta sebagai content creator yang sesuai dengan perkembangan zaman,” pungkasnya.

Ia menjelaskan, bagi sekolah yang mau melaksanakan PKL di Universitas BSI, boleh saja, namun untuk kali ini Universitas BSI kampus Purwokerto membatasi jumlah siswa PKL dikarenakan masih dalam pandemi Covid-19.“Namun, tenang saja, Universitas BSI kampus Purwokerto menerima adik-adik siswa/i SMK untuk PKL baik secara offline dan online,” katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement