Senin 03 Jan 2022 03:57 WIB

Apa Itu Youtube Vanced dan Risiko Menggunakannya

Youtube Vanced memblokir semua iklan video

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
YouTube. YouTube adalah platform yang paling familiar bagi pengguna yang ingin menikmati beragam konten video.
Foto: EPA
YouTube. YouTube adalah platform yang paling familiar bagi pengguna yang ingin menikmati beragam konten video.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – YouTube adalah platform yang paling familiar bagi pengguna yang ingin menikmati beragam konten video. Namun, bagi pengguna YouTube gratisan, terdapat beberapa hal yang mengganggu saat mengakses video dari platform tersebut.

Beberapa hal yang mengganggu itu diantaranya adalah banyaknya iklan yang muncul baik di awal video maupun disela-sela pemutaran video.

Baca Juga

Selain itu, pengguna juga tak bisa menggunakan fitur background playback. Sehingga, pengguna harus selalu membuka aplikasi itu jika ingin videonya selalu diputar.

Dikutip dari Market Business News pada Rabu (29/12), hal-hal seperti iklan bisa dihindari jika  menggunakan YouTube Premium. Namun, ternyata banyak juga pengguna yang menikmati tayangan video dengan lebih nyaman dan tetap gratis menggunakan YouTube Venced.

Youtube Vanced adalah aplikasi modifikasi (MOD) model Youtube yang mencakup banyak fitur. Banyak orang yang mulai menggunakan Youtube Vanced karena memiliki fitur yang tidak dimiliki Youtube resmi, seperti pemblokiran iklan, pinch to zoom, dan lain-lain. 

Apakah YouTube Vanced platform yang aman? Dilansir Programming Insider, Kamis (30/12), alasan mengapa Youtube Vanced tidak ada di Playstore karena Google sudah memiliki aplikasi Youtube sehingga Anda harus mendapatkan YouTube Vanced dari tempat lain. Jutaan orang di seluruh dunia mempercayai YouTube Vanced. 

Fitur Youtube Vanced

Berikut fitur utama yang dihadirkan Youtube Vanced, dikutip Vanced App.

1.Menampilkan opsi tema hitam amoled untuk mengurangi ketegangan mata dan baterai.

2.Memblokir semua iklan video dan memungkinkan Anda memutar video di latar belakang.

3.Kontrol gesek memungkinkan Anda mengontrol kecerahan dan volume seperti yang ada di aplikasi pemutar video lain, seperti VLC atau MX Player.

4.Fitur pengulangan otomatis baru.

5.Pengalihan bagian komentar.

6.Kemampuan untuk melewati segmen sponsor yang mengganggu.

 

Beberapa kustomisasi yang bisa dilakukan

1.Memungkinkan Anda untuk mengganti opsi Codec seperti memaksa H264 untuk perangkat lama atau VP9.

2.Memungkinkan Anda untuk mengubah kecepatan pemutaran default.

3.Memungkinkan Anda beralih iklan beranda.

Risiko Youtube Vanced

Meskipun banyak fitur yang dihadirkan oleh Youtube Vanced, itu tak terlepas dari risiko yang ada. Sebelum memutuskan untuk mengunduh, Anda perlu mempertimbangkan risikonya. Berikut empat risiko dari penggunaan Youtube Vanced, dilansir Apk Venue.

1.Kemungkinan menerima larangan dari Google

Saat menggunakan YouTube, Google dapat membaca jenis perangkat dan aplikasi yang Anda gunakan dan mereka dapat mendeteksi jika Anda menggunakan aplikasi yang dimodifikasi. Nah, saat menggunakan YouTube Vanced, tidak menutup kemungkinan bahwa Google bisa membuat akun yang Anda banned digunakan. Bagi Anda yang banyak menggunakan layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, dan Google Maps, tentu hal ini akan menyulitkan Anda.

2.Harus perbarui secara manual

Saat menggunakan aplikasi resmi Playstore, pembaruan aplikasi akan otomatis diunduh ke ponsel Anda tetapi aplikasi mod tidak bisa seperti ini. Jadi, seperti ada exploit atau malware baru yang muncul di Android. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa pengembang aplikasi mod ini akan rajin memperbarui aplikasinya karena mereka juga bukan perusahaan resmi.

3.Tidak ada pemeriksaan dari pihak ketiga

Setiap aplikasi yang masuk ke Play Store harus melalui proses pemeriksaan dari Google Play Protect untuk mencegah adanya malware, spyware, dan ware pengguna jahat. Dari sistem itu saja ada banyak aplikasi jahat yang berhasil lolos dari pengawasan Google. Anda bisa bayangkan seberapa besar risiko jika menggunakan aplikasi yang tidak melalui proses ini.

4.Data pribadi Anda belum tentu aman

Perusahaan besar seperti Google dan Facebook seringkali lalai dalam melindungi data pengguna, apalagi aplikasi MOD yang dikembangkan oleh orang yang tidak dikenal. Ingat, bagi Anda yang menggunakan akun Google untuk masuk ke berbagai situs dan aplikasi, akun Anda memiliki banyak data sensitif yang membuat penggunaan aplikasi mod berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement