Ahad 02 Jan 2022 03:26 WIB

Malam Tahun Baru di Sukabumi Lancar dan tak Ada Kerumunan Warga

Situasi pergantian tahun harus terkontrol dengan baik karena masih pandemi

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Unsur forkopimda Kota Sukabumi memantau malam tahun baru di kawasan Tugu Adipura, Sabtu (31/12) malam. Langkah tersebut untuk memastikan malam tahun baru berlangsung lancar dan aman, tidak terjadi kerumunan warga.
Foto: riga nurul iman
Unsur forkopimda Kota Sukabumi memantau malam tahun baru di kawasan Tugu Adipura, Sabtu (31/12) malam. Langkah tersebut untuk memastikan malam tahun baru berlangsung lancar dan aman, tidak terjadi kerumunan warga.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Unsur forkopimda Kota Sukabumi memantau malam tahun baru di kawasan Tugu Adipura, Sabtu (31/12) malam. Langkah tersebut untuk memastikan malam tahun baru berlangsung lancar dan aman, tidak terjadi kerumunan warga.

Pemantauan dalam momen ini dipimpin langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto, dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada.

Baca Juga

'' Dari pantauan forkopimda, malam pergantian tahun di Kota Sukabumi berjalan aman dan tidak terjadi kerumunan di tempat publik,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Sabtu (1/1). Hal ini setelah wali jota dan forkopimda melihat ke sekitar Lapang Merdeka dan Alun-Alun Kota Sukabumi.

Sebelum melakukan pemantauan digelar pula apel siaga dalam rangka pengamanan malam tahun baru 2022 tingkat Kota Sukabumi di Balai Kota Sukabumi, Jumat (31/12) sore. Apel ini dalam rangka memberikan kenyamanan kepada warga dalam malam pergantian tahun dan mengingatkan warga masih dalam suasana pandemi.

Selepas apel dilanjutkam dengan melakukan penutupan tempat publik dengan memasang spanduk di Alun-Alun Sukabumi. '' Sebagaimana tahun sebelumnya melaksanakan apel dilakukan tepat sebelum pergantian tahun,'' kata Fahmi.

Hal ini dengan semangat memberikan rasa aman dan menunjukkan kepada warga kenyamanan ketika akan melakukan pergantian tahun 2022. Polri, TNI, dan pemda serta relawan bergabung bersama menyampaikan pesan tersebut kepada warga.

Fahmi mengatakan, pergantian tahun saat ini masih seperti tahun sebelumnya masih dalam situasi pandemi. Kondisi ini menjadi tugas bersama untuk menyampaikan kepada warga pergantian tahun  harus terkontrol dengan baik.

'' Karena masih dalam masa pandemi, apa yang akan dilakulan dalam pengawasan karena tidak ingin kerumunan,'' imbuh Fahmi. Di mana pergantian tahun sebagaimna arahan pemerintah pusat harus mengantisipasi ada klaster baru Covid-19.

Itulah sebabnya kata wali kota, beberapa pusat keramaian publik mulai ditutup seperti Alun alun, lapang Merdeka termasuk kawasan dago untuk sementara waktu ditutup. Intinya sampaikan kepada warga mari rayakan tahun baru di rumah tidak usah berkumpul di tempat keramaian.

'' Upaya ini dilakukan secara humanis dan santun kepada warga tidak perlu berkerumun untuk merayakan pergantian tahun,'' imbuh Fahmi. Ia mengatakan pemkot mengucapkan terimakasih kepada petugas atas dukunganya dengan tetap penerapan protokol kesehatan.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, suasana malam pergantian tahun di Kota Sukabumi aman. Di mana para petugas gabungan dikerahkan ke sejumlah lokasi untuk menjamin keamanan dan tidak terjadi kerumunan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement