Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Akhir Tahun, Pemkot Sukabumi Lantik Empat Kepala SKPD

Ahad 02 Jan 2022 01:42 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Suasana pelantikan jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkot Sukabumi, Jumat (31/12)

Suasana pelantikan jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkot Sukabumi, Jumat (31/12)

Foto: dokpim Pemkot Sukabumi
Para pejabat yang dilantik diharapkan langsung bekerja dalam pembangunan 2022

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Di akhir tahun 2021, Pemkot Sukabumi melantik sebanyak empat posisi jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama. Selain itu dilakukan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam fungsional di lingkungan Pemkot Sukabumi di Balai Kota Sukabumi, Jumat (31/12).

Para pejabat yang dilantik tersebut diharapkan langsung bekerja dan mampu mengantisipasi percepatan pembangunan di 2022. Adapun pejabat yang dilantik yakni Sekretaris DPRD Kota Sukabumi Asep Koswara, Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Mohammad Hasan Asari, dan Kepala Diskominfo Rahmat Sukandar serta sembilan jabatan fungsional.

Baca Juga

'' Alhamdulillah seleksi terbuka telah selesai dilakukan dan ada 4 jabatan yang sudah terisi,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Ia mengatakan tidak mungkin semua peserta seleksi JPT pratama menempati posisi tersebut. Namun bukan berarti yang terpilih jauh lebih cerdas atau lebih baik, tapi semua peserta mempunyai kompetensi terbaik di lingkup Pemkot Sukabumi.

Selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) yang mendapatkan mandatory harus melaksanakan tugas dan sejalan dengan rekomensasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dalam kesempatan itu Fahmi berpesan khusus untuk Sekretaris DPRD bagaimana harmonisasi hubungan eksekutif dan legislatif ditentukan setwan sehingga membangun hubungan indah antara keduanya.

Untuk Kepala Bappeda, wali kota menitipkan pesan di masa sulit pandemi yang belum tahu kapan selesai maka perencanaan harus matang, tepat, terarah dan terukur karena kunci perjalanan pemerintahan. '' Saya dan wakil memiliki janji politik terangkum dalam RPJMD diturunkan dalam RKPD di setiap SKPD bagaimana caranya di tengah kesulitan refocusing pastikan apa yang dijabarkan dalam RPJMD diselesaikan sebaik baiknya,'' kata dia.

Di dua tahun tersisa dapat membuat perencanaan terbaik, sehingga pemkot memberikan kebaikan kepada warga. Untuk Disdikbud, wali kota memberikan pesan khusus disdik merupakan dinas sangat besar.

Di bawahnya ada 121 SD negeri belum ditambah swasta dan 16 SMP negeri belumm swasta serta ribuan guru tergabung PGRI jadi bagian utuh disdik. Ia menitipkan benar masa pandemi proses pendidikan belum normal terlebih dengan kurikulum baru dan titipkan anak didik mencerminkan kota religius, nyaman dan sejahtera serta disdik terbaik dan terdepan.

Terakhir Diskominfo kata Fahmi berperan dalam menyapaikan advokasi pemerintah kepada warga. '' Kominfo jadi corong terbaik bagi pemda dan pimpinnan daerah,'' katanya.

Kominfo lanjut Fahmi, menjalin hubungan baik dengan akun-akun media sosial kedaerahan dalam artian membangun kebersamaan pelaku medsos dan awak media. Intinya Kominfo lebih ramah, cerdas dan mampu menjangkau warga.

Fahmi menuturkan, untuk jabatan fungsional baru tahap sementara waktu dilantik sebanyak 9 orang. Di mana pejabat fungsional memiliki beban dan tanggungjawab lebih besar.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA