Sabtu 01 Jan 2022 18:36 WIB

Aman Berkendara dengan Mobil Pribadi Saat Liburan Awal Tahun

Kendaraan pribadi jadi salah satu pilihan berkendara saat liburan awal tahun.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Kendaraan pribadi jadi salah satu pilihan berkendara saat liburan awal tahun.
Foto: Needpix
Kendaraan pribadi jadi salah satu pilihan berkendara saat liburan awal tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen liburan biasanya dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk bepergian. Agar lebih nyaman, mengendarai kendaraan pribadi menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan liburan bersama orang tersayang.

Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra, Iwan Pranoto mengatakan, selain dapat secara leluasa menentukan lokasi yang dituju dengan mudah, menggunakan kendaraan pribadi juga dinilai lebih aman. "Bagi yang memutuskan untuk bepergian, terdapat beberapa hal lainnya yang juga perlu dipastikan sebelum berkendara di momen liburan agar tetap merasakan peace of mind,” ucap Iwan Pranoto dalam keterangan pers kepada republika.co.id, pada Sabtu (1/1).

Baca Juga

Pertama, ia menyarankan agar pengendara selalu melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan. Memeriksa kendaraan secara menyeluruh akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

"Periksa kondisi ban dan tekanannya, aki, lampu, wiper, radiator, serta oli. Jika belum yakin, bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa masing-masing komponennya. Selain itu, pastikan bahan bakar mobil terisi secara penuh sebelum memulai perjalanan," ucapnya.

Kedua, lengkapi kendaraan dengan peralatan darurat seperti ban serep beserta kuncinya, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter dan segitiga pengaman. Benda-benda tersebut harus disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya ban pecah di tengah jalan yang jauh dari keramaian.

Selanjutnya, ia juga menyarankan agar pengemudi selalu menjaga kebugaran selama berkendara. Untuk menempuh perjalanan yang diprediksi akan cukup padat apalagi dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, sangat disarankan agar pengemudi mempersiapkan kondisi fisik agar tetap prima.

Ia menekankan, kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting bagi para pengendara karena dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam berkendara. Carilah tempat peristirahatan yang cukup nyaman apabila sudah mulai merasa lelah.

Beriktunya, ia juga menyarankan agar pengendara selalu memberikan perlindungan bagi kendaraan. Artinya, meski seluruh langkah sebelumnya sudah diterapkan, pengendara tetap harus melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraan dari segala risiko yang tak diinginkan.

"Di sinilah pentingnya asuransi yang dapat memberikan ketenangan lebih saat berkendara. Dengan asuransi, pengendara tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil kendaraan yang digunakan," ujarnya.

Menurut Iwan, Garda Oto yang merupakan produk asuransi mobil dari Asuransi Astra menawarkan perlindungan menyeluruh yang dapat menjadi pelengkap keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Lewat layanan ini, pengguna dapat mengakses aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat memenuhi kebutuhan perlindungan kendaraan. Garda Oto dilengkapi dengan berbagai layanan yang dapat diandalkan saat Anda berada dalam keadaan darurat.

"Garda Akses 1 500 112 yang dapat dihubungi selama 24 jam dan juga layanan darurat Garda Siaga yang siap membantu pelanggan saat mengalami kondisi darurat seperti ban kempes, pintu mobil terkunci dari dalam, mogok, hingga kecelakaan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement