Sabtu 01 Jan 2022 23:05 WIB

Tugas Sahabat yang Dijuluki Penyair Rasulullah

Hassan bin Tsabit adalah sahabat nabi yang dikenal sebagai penyair Rasulullah

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: Pixabay
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Hassan bin Tsabit adalah sahabat nabi yang dikenal sebagai Syair Rasulullah atau ‘Penyair Rasulullah’. Dia memiliki tugas khusus untuk melumpuhkan propaganda hitam yang dibuat oleh musuh Islam dengan syair-syair.

Dalam bukunya yang berjudul “Pesan-Pesan Tauhid untuk Negeri di Masa Pandemi”, Ustaz Fahmi Salim menceritakan, suata kali Hassan bin Tsabit diminta datang ke Masjid Nabawi untuk menemui Nabi Muhammad Saw.

Setelah sampai di masjid, Rasulullah SAW kemudian berkata, “Wahai Hassan, engkau tentu mengetahui yang telah dilakukan kaum musyrikin Makkah. Karena itu, padamkanlah semangat mereka dengan syair-syairmu. Sebaliknya, bangkitkanlah semangat kaum Muslimin dengan syair-syairmu.”

Syair Hassan bin Tsabit pun meluncur seperti anak panah, menikam dada para penista kebenaran dan para penghina Rasulullah. Karena itu, Nabi Muhammad SAW begitu memuji syair-syair Hassan bin Tsabit sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat al-Bukhari bahwa kelak Malaikat Jibril akan membersamainya.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah SAW bersabda,

“Ruhul Qudus (Jibril) akan tetap emndukung dan melindungimu selama engkau memuji Allah dan Rasul-Nya.”

Selain itu, menurut Ustaz Fahmi Salim, Hassan bin Tsabit juga memiliki peran penting dalam syiar dakwah, bahkan disebutkan mendapatkan kehormatan memiliki mimbar di samping mimbar Rasulullah untuk membacakan puji-pujian untuk Nabi Muhammad SAW.

Ustaz Fahmi juga menjelaskan, dalam Islam, setiap karya seni memang harus memiliki sebuah misi dakwah sebagaimana dahulu beberapa sahabat Nabi yang tekenal sebagai pujangga. Tidak hanya Hassan bin Tsabit, banyak sahabat nabi lainnya yang juga menjadikan syair-syair mereka untuk membela agama Allah, seperti Ka’ab bin Malik dan Abdullah bin Rahawah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement