Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LUTPIAH MUTMAINAH 2021

Keistimewaan dan Keuntungan Mempelajari Bahasa Arab di Era Milenial

Eduaksi | Friday, 31 Dec 2021, 22:49 WIB

Kita sebagai orang muslim menyakini bahwa bahasa Arab lebih istimewa dari yang lain. Dikarenakan bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, aturan agama Islam. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan dalam Al-Qur’an di antaranya yaitu:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28).

Hubungan bahasa Arab dengan agama Islam membuatnya istimewa dari bahasa lain dalam segi kebahasaan. Dan hubungan bahasa Arab dengan al-Qur’an menjadikan sebab kuat dan kekal. Banyak ulama yang mengerahkan kemampuannya dalam menyingkap rahasia al-Qur’an. Karena teks al-Qur’an merupakan sumber utama keilmuan bagi seluruh orang muslim. Bahasa Arab digunakan sebagai alat komunikasi oleh 89% penduduk Afrika dan Asia, serta digunakan lebih dari 200 juta orang muslim selain Arab.

Keistimewaan Al-Qur’an juga berasal dari sisi tata bahasanya yang indah. Bahkan tidak ada yang bisa menyaingi kesempurnaan struktur bahasanya meski semua orang berkumpul. Dengan mempelajari bahasa Arab lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dengan modal bahasa Arab akan mempermudah dalam memahami hadits Nabi SAW, dengan cara menghafalkan, menjelaskan dan mengamalkannya. Bahasa Arab termasuk bahasa yang paling mulia. Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

Kenapa harus belajar bahasa Arab?

Walau kita bukan orang Arab, manfaatnya cukup besar jika mau mempelajari bahasa Arab.

Dibawah ini ada beberapa keuntungan mempelajari bahasa Arab yaitu:

1. Termasuk bahasa resmi di 25 negara

Di antaranya yaitu Arab Saudi, Qatar, Oman, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. Universitas di Timur Tengah terkenal kualitasnya. Tidak hanya menghasilkan lulusan yang pintar, tetapi juga paham akhlak dan berbudaya. Bahkan para kaum intelektual lahir di kampus Timur Tengah. Kesempatan diterima kuliah di Timur Tengah lebih besar dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat. Bahkan saat ini sudah tersedia banyak beasiswa untuk seluruh level pendidikan. Jenis beasiswanya pun beraneka ragam, ada yang bisa menutup seluruh biaya kuliah dan memberi tunjangan bulanan. Sebagian universitas ada yang mensyaratkan sertifikat bahasa Arab agar bisa diterima kuliah. Karena itulah harus belajar bahasa Arab, demi masa depan yang lebih baik. Tidak hanya urusan duniawi, belajar bahasa Arab juga mempermudah urusan akhirat. Sebab bahasa Arab erat kaitannya dengan agama Islam. Jadi bisa sekaligus memperdalam ajaran agama.

2. Memperdalam Pemahaman tentang Agama Islam

Bahasa Arab dan agama Islam memiliki hubungan yang sangat erat. Dengan mempelajari agama Islam dan bahasa Arab, maka bisa mendapat keuntungan untuk memahami keduanya. Belajar bahasa Arab akan mempercepat memahami berbagai hal dalam agama Islam. Bahasa Arab menjadi keuntungan saat menyebarkan ilmu melalui dakwah kepada masyarakat. Dengan kemampuan bahasa Arab yang bagus, maka bisa membahas ayat Al-Qur’an dengan lebih lancar. Lancar berbahasa Arab menjadi keuntungan bagi para penyimak dakwah, sebab bisa memberi pandangan yang lebih lengkap.

3. Mempermudah Belajar dari Sumber Berbahasa Arab

Sebagai umat muslim, alangkah baiknya jika mempelajari agama dari berbagai sumber aslinya contohnya karya para ulama. Jika bisa menguasai bahasa Arab, mudah untuk memahami karya tersebut tanpa harus membaca terjemahannya, karena bisa menjadi sebuah keuntungan besar. Tidak semua karya berbahasa Arab diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Alangkah sayangnya jika tidak bisa membaca karya karena keterbatasan dalam memahami Bahasa Arab. Jadi, akan lebih baik dan bagus lagi jika mau belajar bahasa Arab dan bisa menjadi solusi untuk memahami sumber berbahasa Arab secara langsung.

4. Menenangkan Hati dan Pikiran

Bahasa Arab sungguh ajaib. Tidak hanya bermanfaat untuk hal teknis, tetapi dapat memberi manfaat secara mental. Bahasa Arab dikenal bisa menenangkan hati dan pikiran orang yang mempelajarinya. Ibnu Katsir menjelaskan rahasia di balik penurunan Al-Qur`an dengan berbahasa Arab

لِأَنَّ لُغَةَ العَرَب أَفصَح الُّلغَاتِ وَأَبيَنُهَا وأَوسَعُهَا، وَأَكثَرُهَا تَأدِيَةً لِلمَعَانِي الَّتِي تَقُومُ بِالنُّفُوسِ

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

Contohnya, umat muslim yang membaca Al-Qur’an secara rutin tentu bisa merasakan kedamaian. Demikian dengan berbagai teks berbahasa Arab lainnya. Dengan keunikan cara membaca dan pelafalannya, bahasa Arab mampu menggetarkan orang-orang yang menikmatinya. Tidak hanya menenangkan bagi diri sendiri, tetapi bisa mendamaikan hati orang-orang di sekitar.

5. Menambah Pengetahuan Secara Global

Jika menguasai bahasa Arab, akses yang bisa didapat terhadap berbagai media informasi semakin terbuka lebar. Kita bisa mengetahui berita terbaru tentang negara Arab dalam bahasa aslinya. Contohnya melalui siaran televisi Arab, website berbahasa Arab, dan sebagainya. Hal itu membuat aliran informasi lebih banyak dan variatif. Dengan mempelajari segala hal tentang negara Arab, akan memperoleh pengetahuan secara global. Sebab, negara Arab memiliki berbagai keunggulan yang dapat ditiru oleh negara-negara lain.

6. Membuka Kesempatan yang Lebih Besar

Bahasa Arab dibutuhkan dalam berbagai bidang. Jika bisa menguasainya, maka kesempatan akan terbuka lebar. Contohnya kesempatan untuk kuliah ke luar negeri. Kemampuan bahasa Arab yang baik memungkinkan untuk diterima lebih besar. Apalagi jika memenuhi nilai tertinggi dalam sertifikat ujian bahasa Arab. Selain kuliah ke luar negeri, bahasa Arab berguna apabila ingin bekerja di negara-negara yang menggunakan bahasa Arab. Tentu lebih sulit untuk bersaing secara global. Tetapi dengan penguasaan bahasa Arab yang baik, kita memiliki nilai plus di mata pemberi kerja. Perlu diingat, pekerja harus dapat menguasai bahasa secara lisan maupun tertulis. Jadi jika ingin bekerja di luar negeri, pastikan kemampuan berbahasa memang sudah baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image