Ahad 02 Jan 2022 05:47 WIB

Infografis Alasan Anak Penting Divaksin Covid-19

Anak yang terpapar Covid-19 bisa menularkannya ke orang lain.

Foto: Republika
Vaksin anak 6-11 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, Pelaksanaan vaksin untuk anak 6-11 tahun telah dimulai dari wilayah dengan cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan vaksinasi lansia di atas 60 persen. Pemerintah bahkan menargetkan hingga 6,6 juta anak Indonesia sudah divaksinasi dosis pertama hingga akhir tahun 2021.

Ada sejumlah alasan anak usia 6-11 tahun harus divaksinasi Covid-19. Indonesia sehat salah satunya tercapai melalui anak-anak yang juga sehat.

Baca Juga

* Anak-anak usia 6-11 tahun ketika terserang Covid-19 cenderung ringan atau tanpa gejala. Tapi infeksi Covid-19 sangat mungkin menyebabkan gejala berat di anak, terutama anak dengan komorbid seperti memiliki penyakit jantung bawaan, diabetes dan asma.

* Anak yang terpapar Covid-19 bisa menularkannya ke anggota keluarga lain, terutama bila serumah dengan lansia. Lansia dengan komorbid yang belum divaksin berisiko tinggi bila terinfeksi corona.

* Vaksinasi anak menguntungkan bukan hanya anak, tapi juga orang lain. Anak-anak penting memiliki kekebalan tubuh terutama karena pertemuan tatap muka terbatas sudah dimulai. Vaksinasi anka mencegah adanya klaster sekolah.

* Vaksinasi anak juga penting guna mencapai kekebalan kelompok. Syarat terciptanya kekebalan kelompok adalah sudah tervaksinasinya 70 persen sasaran termasuk anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement