Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Bank Sentral Meksiko akan Luncurkan Mata Uang Digital pada 2024

Sabtu 01 Jan 2022 06:30 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya

 Sejumlah mata uang kripto di dunia, Bitcoin (bawah kanan), Ethereum (tengah), Ripple (kanan), dan Cardano (kiri).

Sejumlah mata uang kripto di dunia, Bitcoin (bawah kanan), Ethereum (tengah), Ripple (kanan), dan Cardano (kiri).

Foto: EPA
Bank sentral di seluruh dunia sedang mengembangkan alternatif mata uang digital.

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Bank Sentral Meksiko akan meluncurkan mata uang digitalnya  pada tahun 2024 sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan inklusi keuangan.

“Teknologi baru dan infrastruktur pembayaran generasi berikutnya ini sangat penting,” kata Pemerintah Meksiko pada Rabu (29/12) malam di akun Twitter-nya, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (31/12).

Baca Juga

Diketahui, bank sentral di seluruh dunia sedang mengembangkan alternatif serupa untuk cryptocurrency seperti Bitcoin.

Di Meksiko, peraturan keuangan menghalangi bank untuk berurusan dengan mereka. Gubernur Banco de Mexico yang akan keluar Alejandro Diaz de Leon mengatakan dalam wawancara beberapa waktu lalu bahwa pembuat kebijakan sedang melihat mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral.

Banxico, sebagai bank sentral dikenal, menyusun rencana untuk membuat platform mata uang digital berdasarkan aspek sistem pembayaran antar bank SPEI dalam laporan yang diterbitkan 17 Desember di situs resminya.

Namun, laporan tersebut tidak menetapkan peluncuran yang pasti mengenai tanggal peluncurkan. Terlepas dari kepastian peluncuran, rencana Bank Sentral Meksiko akan menciptakan mata uang yang dapat digunakan oleh orang-orang tanpa rekening bank. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA