Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image udang bago

Program Modul Nusantara Mahasiswa Merdeka, Emang Kereennn...

Wisata | Friday, 31 Dec 2021, 15:11 WIB
Patung Yesus tertinggi di dunia saat ini berlokasi di Tana Toraja, Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter. Patung ini berdiri di puncak Gunung Buntu Burake pada 1.700 mdpl.

Ada kegembiraan tersendiri dari sejumlah mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam negeri yang diterima di Universitas Negeri Makassar. Betapa tidak, dari berbagai mata kuliah yang diikutinya, ada satu program yang membuat para mahasiswa dari berbagai daerah di Tanah Air ini merasa bersyukur bisa mengikuti program tersebut. Program itu bernama Modul Nusantara.

Melalui program Modul Nusantara ini, mereka para mahasiswa berupaya membantu pengembangan kawasan wisata yang ada di Sulawesi Selatan. Salah satu lokasi yang mereka kunjungi adalah obyek wisata Tana Toraja. Tak hanya negeri di atas awan, lokasi yang mereka kunjungi bersama dengan dosen pembimbingnya. Namun juga patung Yesus yang berada di Puncak Gunung Buntu Burake.

Sebagai langkah awal, mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ini melakukan survei dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat di kawasan obyek wisata tersebut.

"Masya Allah, takjub melihat melihat pemandangan negeri di atas awan. Kalau sebelumnya, hanya lihat di Youtube, tapi ini melihat dan mendatanginya secara langsung. Ini kekayaan alam Indonesia yang harus dipelihara dan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dan mancanegara," ujar Kencana Aulia salah satu mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka asal Universitas Gunung Jati, Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Jumat (31/12).

"Semoga pulang dari sini, kita bisa melihat permasalahan dan memberikan alternatif solusi untuk pengambangan obyek wisata terebut," tambahnya.

Saat kunjungan tersebut, sebanyak 30-an mahasiswa melakukan pengamatan dan wawancara dengan sejumlah masyarakat. Mereka didampingi dosen pembimbing dan mentor dari mahasiswa.

"Saya minta mereka mengamati. Tujuannya selain mengenalkan Sulawesi Selatan, saya berharap mereka memiliki solusi untuk membantu pengembangan wisata di Tana Toraja dari sisi akademis dan berbagai latar belakang ilmu yang mereka miliki," kata Yasdin, Dosen Pembimbing Lapangan saat mendampingi.

"Jadi ini kegiatan modul nusantara tujuannya menanamkan pemahaman kebhinekaan, memberi nilai inspirasi, memberi pengabdian, dan melakukan refleksi," kata dia yang juga Kepala Pusat Riset dan Inovasi LP2M UNM. 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image